crop

1000 Pohon Mangrove untuk #HijaukanHutan Surabaya

Added by Earth Hour Indonesia on 11th December 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

#HijaukanHutan #BirukanLaut! Seruan tersebut merupakan tema yang dibawakan oleh WWF dan Earth Hour Indonesia untuk mendukung konservasi lingkungan yang telah berkurang habitatnya di beberapa daerah di Indonesia pada tahun ini. Banyak dari komunitas Earth Hour di berbagai kota di Indonesia yang telah menunjukkan kontribusinya dalam gerakan tersebut, tak terkecuali Earth Hour Surabaya.

DSC_0108

Dalam memperingati Hari Penanaman Pohon Nasional, Sabtu (28/11) EH Surabaya kembali mengadakan aksi penanaman Mangrove yang sudah memasuki tahap ketiga dengan menanam 1000 pohon Mangrove di Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya. Aksi kali ini juga sebagai wujud partisipasi #HijaukanHutan dan sebagai penutup rangkaian kampanye #BeliYangBaik pada tahun ini. Dengan membawakan tema “Man-Groove To Nature”, EH Surabaya di dukung oleh Dinas Pertanian Surabaya yang memberikan bibit Mangrove sebanyak 720 dan dari Yayasan Mangrove Centre sebanyak 500 bibit.

Aksi Penanaman Mangrove Tahap III ini dimulai pada pukul 08.00 waktu setempat dengan pembukaan acara oleh Kak Ical selaku Koor Divisi Online EH Surabaya dan diteruskan oleh Kak Yenni yang memberikan pengetahuan singkat terkait berbagai aksi dan gerakan yang telah dibawakan oleh EH Surabaya. Kemudian ada Kak Tobing yang memberikan penjelasan singkat tentang jenis dan fungsi Mangrove serta pengarahan tata cara penanaman Mangrove. Lalu dengan antusias berpanas-panasan dibawah teriknya matahari, para voluntir dan peserta memulai aksi penanaman 1000 Mangrove ini di lahan yang telah disediakan oleh Petani Mangrove Wonorejo yang lokasinya tidak jauh dari lahan penanaman sebelumnya. Aksi EH Surabaya kali ini melibatkan lebih dari 100 orang dari berbagai komunitas dan korporasi, mulai dari EH Malang, EH Sidoarjo, EH Kediri, Sobat Bumi, Komunitas Peneliti dan Pecinta Lingkungan ITS, Penjelajah Alam Surabaya, Cak Ning Surabaya, dan masih banyak lagi. Setelah menghabiskan waktu kurang lebih dua jam, akhirnya 1000 bibit Mangrove di lahan baru dan 220 bibit untuk tambal sulam bibit Mangrove yang mati pada penanaman sebelumnya berhasil ditanam pada aksi kali ini.

DSC_0593

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan ramah tamah dan sharing antar komunitas yang hadir pada aksi penanaman Mangrove. Selain itu untuk menambah kehangatan acara, Kak Ical memberikan kuis seputar Mangrove yang beberapa pemenangnya mendapatkan hadiah berupa merchandise dari EH Surabaya dan dari Faber Castell, selaku partner kami dalam acara ini. Terakhir acara ditutup dengan makan bersama konsumsi yang telah disediakan dan bekal yang dibawa dari rumah masing-masing serta tidak lupa doa agar Mangrove yang telah kami tanam dapat tumbuh dengan baik dan bermanfaat bagi alam Surabaya.

“Acaranya seru banget, ini pertama kalinya EH Malang ikut aksi menanam Mangrove di Surabaya. Salut buat EH Surabaya yang bisa mengumpulkan lebih dari 100 orang untuk tanam Mangrove bareng.” Ujar Kak Onil, Koor Kota EH Malang.

“Aksi penanaman ketiga ini seru dan bermanfaat banget, nyadarin kita buat peduli sama lingkungan yang dimulai dari diri sendiri.” Ujar Kak Violin, selaku perwakilan dari EH Sidoarjo.

Terima kasih kepada Dinas Pertanian Surabaya dan Yayasan Mangrove Centre Tuban yang mempercayakan bibit Mangrove-nya kepada kami. Terima kasih juga kepada Faber Castell dan media patner kami selama roadshow #BeliYangBaik, kepada RRI Surabaya, EBS FM, Jeje Radio Surabaya, dan Radio Unair. Terakhir kami berterima kasih kepada semua pihak dan sobat EH yang telah hadir dan ikut menyukseskan aksi Penanaman Mangrove Tahap III kali ini.

Sebagai wujud kepedulian dan tanggungjawab kami terhadap semua Mangrove yang kami tanam, setiap seminggu sekali pada Hari Minggu kami mengadakan kegiatan rutin piket Mangrove. Para voluntir EH Surabaya akan bersama-sama membersihkan lahan tempat Mangrove yang telah kami tanam dari sampah-sampah plastik dan mengecek keadaan bibit Mangrove yang sehat dan yang mati. Sobat EH juga boleh ikutan loh, kegiatan piket ini terbuka untuk umum.

DSC_2551

Mari #HijaukanHutan untuk #ChangeClimateChange dan selalu terapkan gaya hidup #BeliYangBaik agar menjadi konsumen cerdas yang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.

#IniAksiku, mana aksimu?