rsz_dsc_2049e

Aksi Tetap Jalan, EH Surabaya Lanjut Dolan

Added by Earth Hour Indonesia on 11th December 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

Gak berasa nih sobat EH, sudah sekitar dua bulan sejak open recruitment para voluntir baru bergabung dalam keluarga besar Earth Hour Surabaya. Sudah banyak kontribusi dan partisipasi mereka dalam aksi-aksi yang kami telah lakukan dalam kurun waktu tersebut. Tapi belum lengkap dong kalau sudah menjadi keluarga tapi masih belum mengenal satu sama lain.

IMG_0433e

DSC_2027e

Minggu(22/11) tepatnya pukul 08.00, EH Surabaya mengadakan kegiatan internalisasi antar voluntir yaitu EH Dolan yang berlokasi di Kenjeran Park Surabaya. Maksud dan tujuan dari kegiatan EH Dolan ini tidak lain adalah untuk mempererat hubungan antar voluntir dari divisi-divisi EH Surabaya, baik yang telah lama maupun yang baru bergabung. EH Dolan ini terdiri dari beberapa permainan yang dibagi menjadi empat pos. Pertama-tama semua voluntir dan panitia kegiatan berkumpul di depan Pagoda di dalam Kenpark. Para panitia memberikan briefing tentang beberapa permainan yang ada di dalam keempat pos tersebut, serta membagi para voluntir menjadi delapan kelompok.

IMG_0533e

_MG_0030e

Pada pos pertama ada permainan yang menguras pengetahuan para voluntir tentang Earth Hour dan #BeliYangBaik nih sobat EH. Ada beberapa petak yang nantinya secara bergantian akan dipilih oleh perwakilan dari tiap-tiap kelompok. Apabila dalam baris pertama, kedua dan seterusnya sampai baris keenam peserta dapat memilih petak yang tepat, maka peserta dan kelompoknya akan diberi pertanyaan seputar Earth Hour. Namun apabila petak yang dipilih salah atau jawaban dari pertanyaan panitia juga salah, maka peserta dihukum dengan dikasi coretan cat loh sobat EH. Menegangkan gak sih, buat kelompok yang salah semua mukanya jadi gimana yah sobat EH? Haha.

DSC_2049e

Lanjut ke pos dua, ada permainan memasukkan pensil ke dalam botol kosong. Tapi permainan kami kali ini berbeda dari yang biasanya loh. Peserta dalam satu kelompok akan berusaha memasukkan pensil yang dikendalikan oleh seluruh anggota tim dengan seutas tali ke dalam botol kosong. Sebelumnya para peserta ditutup matanya dengan menggunakan slayer dan hanya satu anggota saja yang tidak ditutup karena bertindak sebagai pemberi instruksi. Permainan ini bertujuan untuk melatih ketangkasan dan juga kerjasama antar peserta.

Di pos tiga, ada game yang gak kalah seru nih sobat EH. Masing-masing tim yang sampai di pos ini akan diberikan sebuah clue untuk dipecahkan dan harus menemukan enam digit password agar dapat memasuki game selanjutnya. Peserta harus rela berpanas-panasan di bawah teriknya matahari dan diberi clue untuk menghitung relief naga berwarna hijau dan anak tangga yang ada di Pagoda Kenpark. Kombinasi dari jumlah tersebut akan menjadi password untuk game yang bernama “Komando”. Dalam game ini para peserta dalam satu tim akan membentuk barisan dan ditutup matanya menggunakan slayer, namun hanya pemain paling belakang saja yang membuka mata. Mereka harus mengambil benda-benda yang telah ditentukan oleh panitia. Cara bermainnya yaitu pemain paling belakang mengarahkan temannya dengan cara menepuk pundak kanan untuk belok kanan, menepuk pundak kiri untuk belok kiri, menarik pundak temannya untuk berhenti dan menepuk di bagian tengah untuk mengisyaratkan bahwa benda yang harus diambil berada di depannya.

DSC_2054e

DSC_2032e

“Yah tujuannya sih biar para peserta lebih aware terhadap dampak dari climate change, hehe.” Ujar Kak Ical selaku panitia di pos ketiga ini.

Dan di pos keempat atau pos terakhir yaitu ada game “Dare or Dare”. Setiap tim harus memilih satu dari banyak undian di dalam sebuah mangkok yang berisi tantangan-tantangan yang harus dijalankan oleh setiap anggota tim. Tantangan tersebut bisa berisi berfoto bersama dengan orang yang membawa pasangan, mengatakan “suka” kepada pengunjung, mengajak pengunjung yang berbaju biru untuk mengucap slogan Earth Hour, dan masih banyak lagi. Wah para anggota tim pasti merasa tertantang sekali nih sobat EH.

Pada permainan terakhir, semua voluntir EH Surabaya baik panitia maupun peserta diminta untuk membentuk lingkaran kecil dan lingkaran besar diluar lingkaran kecil tersebut dengan bergandengan tangan. Lalu kami semua harus menemukan cara bagaimana agar kedua lingkaran yang kami buat dapat menyatu menjadi sebuah lingkaran besar. Kedengarannya sih susah, tapi akhirnya kami dapat melakukannya dengan mudah. Yay!

DSC_2137e

Semua kegiatan pun kami tutup dengan beristirahat dan menikmati bekal yang telah kami bawa dari rumah masing-masing, yang pastinya bertujuan untuk meminimalisir penggunaan botol dan kantong plastik serta mengurangi sampah nih sobat EH. Melelahkan sih, tapi juga sangat menyenangkan. Dengan diadakannya EH Dolan kali ini, semoga dapat mempererat hubungan para voluntir EH Surabaya dan semakin mengenal satu sama lain antar divisi-divisi. Sehingga kami juga dapat menjadi keluarga besar yang solid dan tetap memberikan kontribusi terbesar kami dalam setiap aksi yang dilakukan EH Surabaya.

Earth Hour Surabaya #IniAksiku mana aksimu!