Category: ‘Earth Hour Balikpapan’

satria mangrove

Satria Mangrove

Added by Earth Hour Indonesia on 29th May 2015 in the category Earth Hour Balikpapan.

Pada hari Minggu tanggal 3 mei 2015 Earth Hour Balikpapan kembali melakukan penanaman mangrove untuk ke2 kalinya, bertempat di daerah DAS(Daerah Aliran Sungai) Manggar, tempat penanaman kali diLokasi bekas tambak yang sudah lama tidak terpakai lagi hingga menjadi lahan kosong selama bertahun-tahun, dan kami di beri lahan itu untuk menghijaukan tempat itu seperti sedia kala dimana dulunya adalah hutan mangrove.

lokasi penanaman mangrove

lokasi penanaman mangrove lokasi penanaman mangrove

Berbeda dengan penanaman pertama yang dimulai pada jam 7 pagi, penanaman kedua ini dimulai pada pukul 14.00 siang, dikarenakan untuk menuju lokasi penanaman tergantung pasang surut air, lokasinya melewati jalan masuk melalui TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Manggar, kemudian masuk jalan tanah kurang lebih 2 kilometer, kemudian dilanjutkan berjalan kaki sekitar 200 meter, setelah sampai, kami disambut oleh Bapak Basit, beliau adalah Ketua PokMasWas(Kelompok Masyarakat Pengawas) wilayah tersebut, beliau bertugas menjaga daerah tersebut dari petambak petambak dan nelayan yang nakal, yang menggunakan cara yang tidak bersahabat dengan lingkungan untuk mendapatkan rezeki. Pada saat kita tiba, terlihat menara pandang yang dibangun Pak Basit sudah selesai,mengingat November lalu masih berupa pondasi saja. Terlihat beberapa pemancing menghabiskan liburan akhir pekannya disini.

Setelah itu kami sibuk menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk penanaman, antara lain tonggak kayu penahan bibit agar tidak terbawa arus, name tag untuk para satria adopter, dan yang lainnya.

Pukul 15.00, Setelah ramah tamah, briefing dan doa bersama, Pak Basit langsung mengajak kami menuju lokasi penanaman menggunakan perahu motor miliknya yang dapat memuat hingga 30 orang, serta satu perahu kecil berbentuk seperti banana boat yang memuat 10 penumpang.

satria mangrove

Tiba dilokasi penanaman, para anggota Earth Hour Balikpapan yang ditunjuk menjadi petugas segera menyiapkan tempatnya, memasang tonggak dan lain lain sementara kita melakukan briefing tentang tata cara penanaman dan pemasangan name tag yang baik dan benar.

Setelah itu dimulailah kegiatan penanaman, selain Earth Hour Balikpapan, ada juga teman teman dari Duta Wisata Kota Balikpapan, serta dari Hotel Grand Sudirman Balikpapan yang ikut melakukan penanaman.

satria mangrove

penanaman mangrove EH Balikpapan penanaman mangrove EH Balikpapan satria mangrove penanaman mangrove EH Balikpapan satria mangrove penanaman mangrove EH Balikpapan

Kegiatan penanaman berlangsung seru sekali, bahkan disela sela penanaman diantara mereka ada yang saling lempar lumpur, memecah keheningan hutan mangrove kala itu. Kami tidak bisa berlama lama di lokasi tersebut dikarenakan air yang semakin pasang, pada saat melakukan penanaman, air sudah berada di ketinggian lutut kaki orang dewasa.

Setelah menyegerakan penanaman, kami kembali menuju Rumah Pak Basit dengan sebelumnya berjalan jalan menyusuri sungai manggar tersebut, terlihat hamparan hutan mangrove yang indah, seringkali kami melihat hewan hewan yang berhabitat disana seperti bangau, elang, monyet dll.

Setelah semua tiba kembali di Pondok Pak Basit, kami dijamu oleh makanan buatan salah satu anggota Earth Hour Balikpapan, dan setelah kami makan dan beramah tamah dengan teman teman yang lain, usai pula kegiatan penanaman kedua ini, diharapkan ada terus penanaman penanaman seterusnya bahkan kelak hingga kami tua nanti, karena ini semua adalah titipan anak cucu kita, penopang cadangan oksigen bumi kita, kalau bukan kita, siapa lagi? Ini Aksiku! Mana Aksimu?

bijak kertas

Origami On The Street

Added by Earth Hour Indonesia on 27th May 2015 in the category Earth Hour Balikpapan.

Minggu, 17 Mei 2015 bertempat di Car Free Day (CFD) Lapangan Merdeka Balikpapan. Earth Hour Balikpapan mengadakan Kegiatan yang menjadi salah satu Issue Earth Hour yakni Bijak Kertas.

volunteers EH Balikpapan

Nama aksi kali ini adalah Origami On The Street #OrigamiEHBpp dengan menggunakan kertas bekas/brosur yang tidak terpakai didaerah sekitar Car Free Day Balikpapan. Dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat Balikpapan tentang pentingnya untuk bersikap Bijak Kertas.

Origami On The Street EH Balikpapan

origami on street EH Balikpapan

Selain menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat Balikpapan untuk Bijak Kertas, disini kami juga membuat agar para Volunteer dari EH Balikpapan bisa berkreativitas dan mengkreasikan kertas bekas/brosur tersebut. Tidak lupa para volunteer ini ikut mengajak para pengunjung CFD dari anak-anak hingga orang dewasa untuk ikut berperan serta dalam acara ini.

Disamping itu team Earth Hour Balikpapan juga mengadakan Meet Up/ Kopdar (kopi darat) pertama dengan Volunteer Baru yang ingin berpartisipasi dalam melestarikan Lingkungan bersama Earth Hour Balikpapan.

volunteers meetup EH Balikpapan

Kami mengucapkan terima kasih atas antusias dari masyarakat yang berada di sekitar CFD  dan Volunteer Baru dimana sungguh di luar dugaan, sehingga Kegiatan kali ini berjalan dengan lancar.

sq

Adopsi Mangrove di Balikpapan

Added by Earth Hour Indonesia on 18th May 2015 in the category Earth Hour Balikpapan.

Adopsi Mangrove di Balikpapan atau disebu juga di media sosial berupa #AdopsiMangroveBPN adalah AKSI berkelanjutan yang digagas oleh Earth Hour Balikpapan. Jadi kami mengajak masyarakat untuk ikut berdonasi dan berperan langsung untuk penanaman bibit mangrove.

Read the complete post »

Aksi Koplak di Balikpapan

Aksi Koplak di Balikpapan

Added by Earth Hour Indonesia on 29th April 2015 in the category Earth Hour Balikpapan.

Aksi Koplak di Balikpapan merupakan AKSI dalam rangka menolak Kantong Plastik terutama Plastik Hitam dengan cara membagi-bagikan Tote Bag kepada para pengunjung pasar.

Read the complete post »

puncak-acara-switch-off-EH-balikpapan

Puncak Acara Switch Off – EH Balikpapan

Added by Earth Hour Indonesia on 21st April 2015 in the category Earth Hour Balikpapan.

Kampanye gerakan hemat energy yang dicetuskan WWF Tahun ini memasuki tahun ke 7 di Indonesia dan di Balikpapan tahun ini memasuki tahun ke 4.

Read the complete post »

Aksi #WeLoveBalikpapan

Aksi #WeLoveBalikpapan

Added by Earth Hour Indonesia on 27th March 2015 in the category Earth Hour Balikpapan.

Aksi #WeLoveBalikpapan – Ada yang berbeda pada CFD (Car Free Day) di Lapangan Merdeka hari ini, belasan anak anak muda dari berbagai macam komunitas bersatu, beratribut baju komunitasnya masing masing, mereka menyuarakan komitmen menjaga lingkungan Kota Balikpapan, yang berupa petisi tandatangan di atas kain putih. Petisi ini juga tak lain adalah serangkaian acara dari terpilihnya Kota Balikpapan sebagai finalis kampanye We Love Cities yang diadakan oleh yayasan konservasi dunia WWF (World Wide Funding), bersama 47 Kota lainnya di dunia.

Read the complete post »