Category: ‘Earth Hour Bogor’

SQ

#GoGoGowes, Campaign Hari Nol Emisi Ala Earth Hour Bogor

Added by Earth Hour Indonesia on 23rd September 2015 in the category Earth Hour Bogor.

Banyak cara untuk memperingati hari-hari yang bertemakan lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh Earth Hour Bogor. #GoGoGowes merupakan sebuah campaign dalam bentuk gowes sepeda bersama komunitas dan masyarakat Bogor. Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan #GoGoGowes bagi Earth Hour Bogor dan tahun ini #GoGoGowes kembali diadakan bertepatan dengan Hari Nol Emisi yang jatuh pada tanggal 20 September 2015. Dengan konsep sederhana dan melakukan kolaborAKSI dengan beberapa pihak akhirnya kegiatan #GoGoGowes 2015 Earth Hour Bogor pun terlaksana.

#GoGoGowes diadakan bertepatan dengan Hari Nol Emisi

#GoGoGowes diadakan bertepatan dengan Hari Nol Emisi

#GoGoGowes tahun ini berkolaborAKSI dengan sebuah acara Bogor Food & Fashion Market Festival yang dilaksanakan di Lapangan Softball GOR Pajajaran Bogor. Persiapan intens yang terbilang sangat singkat ini berhasil mengumpulkan sebanyak 130 peserta gowes yang terdiri dari berbagai golongan dan latar belakang, mulai dari anak kecil sampai dengan dewasa ikut meramaikan #GoGoGowes 2015 sebagai campaign Hari Nol Emisi. Walikota Bogor, Kang Bima Arya pun terlihat sangat antusias untuk mengikuti campaign yang diusung Earth Hour Bogor tersebut. Beliau datang dengan mengayuh sepeda dari rumah dinasnya menuju lokasi utama #GoGoGowes 2015, dan setibanya dilokasi Walikota Bogor itu pun langsung memberikan sambutan sekaligus membuka serta memimpin peserta #GoGoGowes mengayuh sepedanya menelusuri rute yang telah ditetapkan penyelenggara.

130 peserta meramaikan #GoGoGowes 2015

130 peserta meramaikan #GoGoGowes 2015

Rute gowes berjarak kurang lebih 5 KM

Rute gowes berjarak kurang lebih 5 KM

Rute gowes yang berjarak kurang lebih 5 KM ini meliputi GOR Pajajaran Bogor, Jl. Dadali, Warung Jambu, Jl. Indraprasta, Jl. Ceger, Jl. Pandu Raya, Jl. Pajajaran, Warung Jambu, Jl. Ahmad Yani, Air Mancur dan berakhir kembali di GOR Pajajaran Bogor. Rombongan #GoGoGowes pun berjalan dengan aman dan nyaman dengan pengawalan dari pihak kepolisian dan DLLAJ yang berjaga disepanjang rute dan ikut memandu rombongan pesepeda dari awal sampai akhir. Sangat diluar dugaan ketika Walikota Bogor juga ikut bersepeda dan memimpin rombongan #GoGoGowes sampai rute terakhir dan sampai 1 jam lebih cepat dibandingkan jadwal yang ditentukan sebelumnya.

Walikota Bogor, Kang Bima Arya

Walikota Bogor, Kang Bima Arya

Ketika ditanyakan tentang pendapatnya mengenai #GoGoGowes 2015, Bima Arya mengungkapkan “Semoga kegiatan seperti ini terus dipertahankan, mengingat untuk kota Bogor sekarang ini sedang dalam proses pembenahan fasilitas taman kota, pedestrian serta track sepeda yang nantinya bisa dinikmati masyarakat Bogor termasuk pecinta sepeda”. Ekspresi lelah dan senang terlihat dari wajah para peserta setelah sampai kembali dilokasi awal, dan tidak sedikit dari peserta meminta kegiatan seperti ini kedepannya terus diadakan sebagai alarm tentang peringatan hari-hari lingkungan kepada masyarakat luas.

Ekspresi lelah dan senang terlihat dari wajah para peserta

Ekspresi lelah dan senang terlihat dari wajah para peserta

Beberapa pihak pun ikut berpartisipasi sebagai sponsor pada campaign #GoGoGowes 2015 Earth Hour Bogor, diantaranya BOOM Fest (Bogor Food & Fashion Market Festival) sebagai partner kolaborAKSI, Rumah Zakat yang telah menjadi donator sponsor, Venossa Series yang telah mendukung dalam bentuk kaos yang dipakai panitia, Jawara Bakery sebagai sponsor makanan peserta dan yang lainnya. Ada pun beberapa media yang telah mendukung campaign #GoGoGowes 2015 yaitu @InfoBogor, Radio KISI 93.4 FM dan Radio ELPAS 103.6 FM sebagai media promosi kegiatan ini.

Bogor Food & Fashion Market Festival

Bogor Food & Fashion Market Festival

kolaborAKSI

kolaborAKSI

EH Bogor KUMBANG 2015

Intip Yuk! Keseruan #EHBogorCariJagoan Sampai #KumbangEHBogor2015

Added by Earth Hour Indonesia on 4th September 2015 in the category Earth Hour Bogor.

BOGOR – Earth Hour Bogor kembali membuka kesempatan untuk masyarakat Bogor yang ingin bergabung menjadi Jagoan Penyelamat Bumi. Untuk tetap bisa menyebarkan #VirusHijau di daerah Bogor, Earth Hour Bogor membuka pendaftaran kepada seluruh kalangan masyarakat Bogor baik kota maupun kabupaten yang peduli dengan lingkungan dan nasib bumi untuk berkolaboraksi. Terhitung mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 #EHBogorCariJagoan dimulai. Melalui akun media social Earth Hour Bogor (Facebook, Twitter dan Instagram) di hari pertamanya sudah mendapat respon yang baik dari followers Earth Hour Bogor, dan sampai hari terakhir pendaftarannya (26 Agustus 2015) tercatat 79 orang yang mendaftarkan diri menjadi Jagoan Penyelamat Bumi pada link bit.ly/JagoanEHBogor.

EHBogor cari jagoan

Berdasarkan data yang terhimpun 69% dari jumlah yang terdaftar merupakan Mahasiswa, 16% Pegawai dan sisanya merupakan pelajar minimal berusia 15 tahun. Alasan mereka bergabung bersama Earth Hour Bogor pun beragam, mulai dari senang berorganisasi, ingin menambah pengalaman bersama Earth Hour Bogor sampai ingin ikut serta menghijaukan Bogor bersama Earth Hour Bogor. Ketika di lihat dari divisi yang diminati (Human Resource Development, Event Organizer, Digital Communication dan Public Relations), divisi yang paling banyak diminati adalah Event Organizer, disusul Public Relations, Human Resource Development  dan terakhir Digital Communication.

EHBogor cari jagoan

Akhir bulan Agustus ini, tepatnya pada tanggal 29 Agustus 2015 Earth Hour Bogor mengadakan KUMBANG (Kumpul Belajar Bareng) bersama volunteer baru. Acara yang diselenggarakan di Digital Innovation Lounge (DILo) Bogor berjalan lancar, seru dan penuh antusias. Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 WIB ini sayangnya tidak dihadiri oleh seluruh volunteer baru. Seperti biasa sebagai pemula seluruh Jagoan yang hadir pada saat itu memperkenalkan diri dimulai dari volunteer baru, para pengurus dan Jagoan terdahulu. Sebelum mulai sharing utama seputar Earth Hour, diadakan ice breaking seputar Earth Hour dan ternyata beberapa dari volunteer baru sudah mengetahui dan paham tentang Earth Hour secara global.

EHBogor KUMBANG 2015

Sharing utama dimulai dengan menonton video campaign Earth Hour Bogor, Earth Hour Indonesia dan Earth Hour Global. Setelah itu berbagai pertanyaan pun banyak terlontar dari volunteer baru seputar Earth Hour dan campaign yang sering dilakukan. Tak hanya itu berbagai pertanyaan diluar Earth Hour yang masih berhubungan dengan lingkungan, seperti pertanyaan yang diajukan oleh Binar yang merupakan Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta menanyakan “Apakah Earth Hour hanya berfokus pada campaign-campaign yang sudah ditentukan atau bisa juga membuat sebuah petisi dalam ruang lingkup lingkungan?” dan masih banyak pertanyaan lainnya yang ditanyakan pada saat sharing berlangsung.

EHBogor KUMBANG 2015 EHBogor KUMBANG 2015

Sebelum KUMBANG berakhir, para koordinator perdivisi menjabarkan jobdesk pada divisinya masing-masing. Setelah itu para volunteer baru membuat kelompok berdasarkan divisi yang mereka minati. Komunikasi yang terjalin antara koordinator divisi dan volunteer baru pun semakin intim, terlebih lagi ketika mereka memiliki keingin tahuan lebih seputar divisi yang mereka pilih. Kegiatan #KUMBANGEHBogor2015 yang selesai pukul 17.30 WIB diakhiri dengan seluruh Jagoan Earth Hour Bogor berbaur untuk berfoto bersama dan membuat video Ini Aksiku, Mana Aksimu yang membuat semua Jagoan Earth Hour Bogor semakin akrab dan bersemangat untuk menjalankan campaign berikutnya.

EHBogor cari jagoan & KUMBANG 2015