Category: ‘Earth Hour Depok’

Kemping Pemimpin Kreatif (KEPIK)

Kemping Pemimpin Kreatif (KEPIK) menjadi aksi untuk “Re-Creation and Re-Greeneration”

Added by Earth Hour Indonesia on 24th August 2015 in the category Earth Hour Depok.

Dalam menyadarkan masyarakat khususnya para generasi muda akan dampak dari perubahan iklim, Earth Hour Depok dengan ini mengadakan kegiatan Kemping Pemimpin Kreatif (KEPIK). Kemping Pemimpin Kreatif (KEPIK) merupakan kegiatan berbentuk kaderisasi gaya hidup ramah lingkungan yang akan dilaksanakan selama 3 hari. Acara ini berlangsung pada hari Jumat-Minggu, tanggal 7-9 Agustus 2015, bertempat di Villa Arlika, Pengasinan, Depok. Acara ini diikuti oleh seluruh volunteer Earth Hour Depok.

Pada acara ini, dimulai saat peserta berkumpul di titik kumpul yang ada, yaitu Balai Kota Depok dan Pertigaan Pengasinan, pada Jumat, 7 Agustus 2015. Sore harinya semua peserta sampai di lokasi dan diberikan pengarahan mengenai acara oleh koordinator acara, ketua pelaksana dan koordinator EH kota Depok. Setelah istirahat dan ibadah peserta masuk ke sesi perkenalan, dimana semua peserta saling berkenalan soal nama, asal kecamatan dan tempat kuliah. Setelah itu masuk ke sesi perkenalan Earth Hour kepada semua peserta dengan sharing dan menonton video Earth Hour. Selesai perkenalan semua peserta beristirahat, mempersiapkan diri untuk hari selanjutnya.

Pagi pun datang, Sabtu 8 Agustus 2015 kegiatan dimulai dengan ibadah, senam dan olah raga lainnya, untuk merenggangkan otot. Setelah sarapan, mulai materi pertama dengan tema Sinergi dengan Pemerintah, yang diisi oleh Bapak Sudjono sebagai Kadis Konservasi dan BLH Kota Depok. Beliau menjelaskan bagaiamana tugas-tugas pokok BLH dan bagaimana komunikasi kepada komunitas Earth Hour Depok. Dalam acara ini peserta juga bermain games tradisional seperti bermain karet untuk mengisi waktu luang setelah materi. Materi kedua dimulai setelah istirahat dan makan siang, dengan tema FKH, yang diisi oleh Ka Meutiara dan Ka Maryati dari Forum Komunitas Hijau Kota Depok. Dalam materi kedua peserta mendapatkan pengetahuan tentang kegiatan FKH kota Depok.

kegiatan KEPIK kegiatan KEPIK kegiatan KEPIK

Di malam hari peserta mendapatkan materi ketiga tentang Earth Hour Depok dan Earth Hour secara global. Peserta mendapat penjelasan dari Ka Dipo (Koor Earth Hour Depok 2013-2014) dan Ka Andra (Anggota Earth Hour Depok 2012-2014 dan Anggota WWF Panda Mobile). Ka Dipo dan Ka Andra menjelasakan kegiatan Earth Hour dari mulai pertama sampai masuk ke Indonesia dan masuk ke Kota Depok. Peserta juga menonton berbagai perjalanan Earth Hour di Dunia sampai di Kota Depok. Setelah itu, materi inti dibawakano leh Koor Earth Hour Kota Depok, M. Fajrussalam, dengan materi “Re-Creation and Re-Greeneration”. Fajrus menjelaskan arti dari lingkungan, pemimpin dan hubungan manusia dengan alam. Setelah materi inti, waktunya Re-Greeneration (Pemilihan calon Koor Earth Hour Kota Depok selanjutnya) dengan tiap volunteer mengajukan diri atau menyebutkan nama-nama yang ditunjuk untuk menjadi Koor Earth Hour Kota Depok selanjutnya. Dan terpilih beberapa orang yang menjadi Koor Earth Hour Kota Depok selanjutnya.

Acara belum selesai, Minggu, 9 Agustus 2015, peserta melanjutkan kegiatan dalam acara KEPIK EHD 2015. Seperti hari sebelumnya pagi diawali dengan ibadah, senam dan olah raga lainnya. Setelah sarapan pagi, acara outbond pun dimulai. Semua peserta mengikuti outbound yang sudah disiapkan panitia. Ada dua games yang dimainkan, yaitu susun kata dan nyalakan lilin. Setelah bermain games, peserta melanjutkan outbound dengan membuat biopori. Biopori sebagai lubang resapan dan lubang penyuburan tanah, dibuat oleh peserta dengan terbagi menjadi beberapa kelompok.

pembuatan biopori di KEPIK pembuatan biopori di KEPIK

 

Siang hari pun tiba setelah makan siang dan mengikuti semua kegiatan yang ada di KEPIK EHD 2015, sesi foto-foto menjadi kegiatan terakhir. Dan semua peserta merasa senang telah mengikuti KEPIK EHD 2015 karena menambah pengetahuan, pertemanan dan pengalaman.

Kemping Pemimpin Kreatif (KEPIK) Kemping Pemimpin Kreatif (KEPIK)

sq

Meet Up Volunteer

Added by Earth Hour Indonesia on 11th March 2015 in the category Earth Hour Depok.

Meet Up Volunteer EH Depok diselenggarakan di Perpustakaan Pusat UI pada tanggal 1 Februari 2015. Dalam kegiatan ini EHdepok memperkenalkan Earth Hour dan sejarahnya, juga menjelaskan tentang beberapa kegiatan EHdepok yang sudah dan akan dilaksanakan.

Read the complete post »

sq

Kelas Lingkungan

Added by Earth Hour Indonesia on 11th March 2015 in the category Earth Hour Depok.

Kelas Lingkungan EHdepok merupakan kegiatan rutin EHdepok untuk menambah pengetahuan akan lingkungan dalam bentuk talkshow dan workshop. Kegiatan ini dilakukan setiap bulan pada minggu ke-3 dengan tema yang berbeda-beda di setiap pertemuan dan terbuka untuk umum, serta mengundang beberapa komunitas dan sekolah.

Read the complete post »

sq

Earth Hour Goes To School

Added by Earth Hour Indonesia on 11th March 2015 in the category Earth Hour Depok.

Earth Hour Goes To School (EHGTS) adalah kegiatan campaign di beberapa sekolah yang ada di Depok, kagiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa/siswi beserta guru tentang gaya hidup ramah lingkungan terutama dalam menyikapi sampah, juga menjelaskan tentang peran Earth Hour dalam menghadapi perubahan iklim karena pemanasan global.

Read the complete post »

sq

Depok Community Festival

Added by Earth Hour Indonesia on 11th March 2015 in the category Earth Hour Depok.

Dalam kegiatan Depok Community Festival bersama Emil Dardan & Arumi Bachsin yang diselenggarakan oleh seluruh komunitas di Depok, Earth Hour Depok turut berpartisipasi dan memanfaatkan kegiatan tersebut untuk mengenalkan EHdepok ke masyarakat dan mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup ramah lingkunga denga cara yang sederhana.

Read the complete post »