Category: ‘Earth Hour Jogja’

minggu bersama penyu - Pekan Konservasi Penyu

Minggu Bersama Penyu

Added by Earth Hour Indonesia on 19th August 2015 in the category Earth Hour Jogja.

Hari Minggu saatnya main ke luar rumah! Tapi ke mana ya? Tempat main yang asyik, seru, tapi juga bisa bikin kamu makin cinta sama lingkungan. Nah kemarin Minggu tanggal 9 Agustus teman-teman Earth Hour Jogja bareng sama kakak-kakak KKN UGM main ke Konservasi Penyu di Pantai Trisik, Gunung Kidul.

sosialisasi habitat penyu di pantai Trisiksosialisasi konservasi penyu ke sekolah dasar sosialisasi konservasi penyu ke sekolah dasar

Hari Minggu ini enggak cuma main, tapi juga sambil mengenal lebih dekat soal Penyu dan habitat mereka di Pantai Selatan Jogja. Kami juga melepas liarkan sekitar 50 ekor penyu yang berhasil ditetaskan di konservasi penyu di pantai Trisik ini. Hayoo, pada tahu enggak kalo di pantai-pantai Jogja merupakan habitat penyu? Karena masih banyak yang enggak tahu, makanya kakak-kakak KKN UGM dan Earth Hour Jogja ingin ngenalin ke semua warga di Jogja tentang penyu ini.

pelepasan penyupelepasan penyupelepasan penyuminggu bersama penyu - Pekan Konservasi Penyu

Kegiatannya enggak cuma hari Minggu kemarin lho, tapi seminggu penuh. Dalam kegiatan berjudul Pekan Konservasi Penyu. Di Pantai Trisik ini kita bareng-bareng ngebersihin pantai, terus ada juga edukasi ke sekolah dasar tentang penyu dan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Kenapa buang sampah pada tempatnya? Karena hampir semua sampah yang di buang sembarangan akhirnya terbawa angin dan hujan dan berakhir di laut atau pantai. Dan sampah ini ganggu banget buat penyu-penyu unyu di Pantai Jogja.

rangkaian kegiatan Pekan Konservasi Penyuposter kegiatan Pekan Konservasi Penyu

Selain itu, kemarin juga ada simbolis penanaman pohon cemara Udang di Pantai Trisik. Kok Cuma simbolis? Karena belum mulai musim hujan, jadi kemarin baru secara simbolis dulu. Rencananya di awal musim hujan nanti, sekitar bulan September, akan di tanam 500 pohon cemara Udang. Gunanya untuk mengurangi abrasi di pantai Trisik ini, agar pasir di bibir pantainya tetap terjaga. Pasir di bibir pantai ini yang nantinya menjadi tempat induk-induk penyu menepi dan bertelur.

Meski cuma 50 ekor penyu yang dilepas liarkan di hari Minggu kemarin, tapi ini membuktikan kalau masih ada populasi penyu di pantai Selatan Jogja. Dan kita perlu menjaga ekosistem pantai Jogja, agar semakin banyak lagi penyu yang mampir dan bertelur di Jogja. Jangan lupa, selalu buang sampah pada tempatnya ya sobat!

Ini Aksiku! Mana Aksimu?

sertifikat partisipasi Pekan Konvervasi Penyu

 

sq

Hari Kasih Taman

Added by Earth Hour Indonesia on 11th March 2015 in the category Earth Hour Jogja.

Hari Kasih Taman adalah salah satu kegiatan street campaign yang diselenggarakan oleh Earth Hour Jogja, yang memanfaatkan momen Hari Valentine yang diperingati setiap tanggal 14 Februari.

Read the complete post »