Category: ‘Earth Hour Lampung’

seremonial switch-off Earth Hour Lampung

Seremonial Switch Off Earth Hour Lampung

Added by Earth Hour Indonesia on 30th April 2015 in the category Earth Hour Lampung.

Perayaan Earth Hour pada tahun 2015 ini dilaksanakan pada Sabtu tanggal 28 Maret 2015 pada pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Tahun ini adalah gelaran ke-7 Earth Hour Indonesia, namun merupakan Perayaan Earth Hour yang pertama kali dilakukan di Lampung.
Karena ini merupakan gelaran pertama Perayaan Earth Hour di Lampung, tentu memiliki banyak cerita dan kesan walaupun dalam perayaannya tidak mewah dan besar seperti kota-kota lain di Indonesia.

Seremonial Switch Off Earth Hour Lampung

Pada Perayaan Earth Hour kali ini, Earth Hour Lampung memiliki 2 buah rangkaian kegiatan, yang pertama adalah Night Run yang merupakan Aktivasi Kampanye Earth Hour Indonesia yang dilakukan di 7 Region, dan yang kedua adalah Switch Off Activity yang dilakukan oleh Earth Hour Lampung dan teman-teman komunitas dalam sebuah gelaran komunitas se-Lampung yang bertajuk “Ruang Renjana”. Selain itu, pada tahun pertama ini, Earth Hour Lampung juga berhasil mengajak Pemerintah untuk mendukung Gerakan Earth Hour ini dengan mengeluarkan surat pernyataan dukungan dan surat himbauan ke masyarakat untuk ikut mendukung Earth Hour dan juga ikut melakukan Switch Off pada ikon-ikon Kota dan juga beberapa jalan protokol. Selain itu, Earth Hour Lampung juga berhasil mengajak 4 korporasi untuk ikut melakukan Switch Off sebagai bentuk dukungan mereka pada Earth Hour, yaitu Sheraton Hotel Lampung, Hotel Amalia Lampung, Emersia Hotel & Resort Lampung, dan Hotel Grang Anugerah Lampung.

seremonial-switch-off-EH-Lampung

Sebagai salah satu kota yang mendapatkan event Night Run dan kedatangan tamu kehormatan dari WWF-Indonesia tentu tentu suatu kehormatan bagi kami Tim EH Lampung. Namun, Kami sudah melakukan segala usaha dengan maksimal untuk melakukan switch off di Ikon Kota Bandar Lampung yaitu Tugu Adipura, namun apadaya pemerintah belum mengijinkan dan akhirnya kami hanya mampu melakukan switch off bersama teman-teman komunitas diacara Ruang Renjana yang bukan acara milik kami saja, kami harus berbagi dengan komunitas-komunitas lainnya. Tapi kami tetap melakukan switch off disana bersama teman-teman komunitas dan hasilnya menurut kami luar biasa antusias dari teman-teman semua, dan akhirnya kami berani menyebut bahwa Perayaan Earth Hour Lampung yang perdana ini SUKSES dengan target-target dibelakangnya yang tercapai.

Hal lain yang membuat kami lega adalah dengan suksesnya acara Night Run yang kira-kira dilakukan dengan peserta 100 orang. Selain itu adalah kesan dari Utusan WWF-Indonesia Pak Irwan dan Project Leader WWF-Indonesia wilayah Lampung Pak Job Charles dan tim yang mengatakan kepada kami bahwa suatu keuntungan bagi kami yang bisa melakukan Switch Off Activity dalam acara yang dihadiri oleh kumpulan komunitas-komunitas yang ada di Lampung tanpa harus membuat acara sendiri, namun pesan tentang Earth Hour tetap tersampaikan, dan itu membuat mereka (WWF-Indonesia) puas dan bangga.

seremonial-switch-off-EH-Lampung

Perayaan Earth Hour Lampung 2015 ini juga merupakan awalan kami membangun relasi dengan pihak-pihak yang memiliki fokus di bidang lingkungan seperti BPLHD Provinsi dan Kota dan juga WWF-Indonesia wilayah Lampung. Dan setelah Switch Off Ceremony tersebut Earth Hour Lampung, WWF-Indonesia wilayah Lampung, dan Indorunners Lampung akan melanjutkan kerjasamanya dengan melakukan Running Challenge dengan hadiah 1 bibit mangrove per-kilometer peserta berlari dan akan ditanam di Hari Bumi pada 22 April 2015 ini.

Tidak hanya berhenti disini, kami Tim Earth Hour Lampung akan terus mengkampanyekan Earth Hour kepada seluruh lapisan masyarakat di Lampung. Dan kami harap tahun depan kami bisa menyelenggarakan Earth Hour dengan lebih baik lagi dan tetap menjaga esensi dari Earth Hour itu sendiri.

Salam AKSI & KOLABORAKSI!!

Regards,
Tim Earth Hour Lampung

sq

Edukasi Lingkungan di Lampung

Added by Earth Hour Indonesia on 11th March 2015 in the category Earth Hour Lampung.

Edukasi Lingkungan di Lampung berkolaborAKSI dengan komunitas Rumah Baca Asma Nadia Bandar Lampung dan juga beberapa komunitas lain yang berfokus pada bidang pendidikan, Earth Hour Lampung menggelar AKSI Edukasi Lingkungan pada tanggal 22 Juli 2014 yang berlokasi di daerah Teluk Betung, Bandar Lampung.

Read the complete post »

sq

Coastal Cleaning di Lampung

Added by Earth Hour Indonesia on 11th March 2015 in the category Earth Hour Lampung.

Coastal Cleaning di Lampung atau bebersih pantai merupakan AKSI Earth Hour Lampung untuk memperingati Hari Laut dan Samudera Nasional di Pantai Ketapang, Kabupaten Pesawaran pada tanggal 18 Januari 2015.

Read the complete post »

IMG-20150215-WA035

AKSI Bebersih Kampung di Lampung

Added by Earth Hour Indonesia on 11th March 2015 in the category Earth Hour Lampung.

Earth Hour Lampung melakukan AKSI Bebersih Kampung di Lampung di Kelurahan Kampung Kelapa RT 16,17,18,dan 19 berkolaborAKSI dengan Risma dari kelurahan tersebut pada tanggal 15 Februari 2015. Selain kolaborAKSI dengan Risma, EH_Lampung juga berkolaborAKSI dengan Mahasiswa Poltekes Tanjung Karang dan juga Universitas Malahayati.

Read the complete post »