Category: ‘Earth Hour Surabaya’

APSQ

Konservasi Hutan Mangrove, Aksi Nyata Earth Hour Surabaya untuk Daerahnya

Added by Earth Hour Indonesia on 7th March 2016 in the category Earth Hour Surabaya.

Oleh: Natalia Trita Agnika

Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang berada di kawasan pesisir. Karena itulah keberadaan hutan mangrove memegang peranan penting bagi Kota Pahlawan ini. Selain untuk mencegah abrasi, hutan mangrove juga berfungsi sebagai penetralisir masuknya air laut dan menjadi rumah bagi berbagai satwa, seperti biawak, kura-kura, ular, monyet, dan burung. Demikian pula dengan beberapa jenis ikan, udang, dan kepiting.

Namun, saat ini keberadaan hutan mangrove di Surabaya semakin menyusut dan kondisinya memprihatinkan. Lahan di sekitar daerah hutan mangrove banyak dibangun perumahan dan dijadikan pemukiman warga. Para wisatawan yang kurang peduli terhadap lingkungan juga membuang dan meninggalkan sampah seenaknya. Akibatnya, hutan mangrove yang menjadi tempat wisata tak lagi asri.

10945398_10205214809722296_5825849040675720259_o

Earth Hour Surabaya sebagai komunitas peduli lingkungan yang terdiri dari kaum muda Surabaya merasa tergerak untuk melakukan aksi positif. Mereka berkomitmen untuk menyelamatkan eksistensi hutan mangrove dengan terus mengkampanyekan perilaku ramah lingkungan demi mengurangi efek perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Sejak awal 2015 lalu, EH Surabaya telah melakukan program Konservasi Mangrove di Hutan Mangrove Wonorejo hingga tahap tiga. Penanaman Mangrove tahap pertama dilaksanakan pada 25 Januari 2015, tahap kedua pada 28 April 2015, dan tahap ketiga pada 28 November 2015.

[Baca juga: Earth Our Regional Kalimantan Beraksi Melawan Kabut Asap]

Ajakan EH Surabaya kepada publik untuk lebih peduli terhadap keberadaan mangrove di daerah mereka mendapat sambutan positif. Berbagai komunitas, media, instansi, bahkan sekolah banyak yang turut berpartisipasi dalam aksi penanaman mangrove. Setidaknya ada 100 partisipan yang terlibat dalam setiap kegiatan penanaman. Mereka antusias ikut andil memberikan aksi nyata menjaga keberadaan hutan mangrove di Surabaya. Pada penanaman mangrove tahap I, EH Surabaya mengundang beberapa komunitas di Surabaya serta petani tambak Wonorejo untuk berpartisipasi menanam sebanyak 300 bibit mangrove. Selanjutnya, pada penanaman tahap II, EH Surabaya bekerja sama dengan pihak Sheraton Hotel & Towers untuk melakukan penanaman mangrove sebanyak 700 bibit yang dihadiri oleh berbagai komunitas. Sedangkan penanaman tahap III dihadiri oleh perwakilan EH regional Jawa Timur, mulai dari EH Batu, EH Malang, EH Sidoarjo hingga EH Kediri untuk menanam sebanyak 1000 bibit mangrove yang diberikan oleh Mangrove Centre Kota Tuban dan Dinas Pertanian Kota Surabaya.

22757593834_87b278ccf0_o

Pada 17 Januari 2016 yang lalu, EH Surabaya juga terlibat dalam sebuahkolaborAKSI yang diprakarsai oleh HiLo Green Community (HGC) melakukan aksi penanaman mangrove di hutan mangrove Wonorejo. Berbagai komunitas pemerhati lingkungan juga turut terlibat dalam aksiKolaborAKSI Konco Mangrove ini. Kepedulian arek-arek Surabaya terhadap lingkungan terbukti dalam aksi ini.

[Baca juga: Earth Hour Aceh Peduli Nasib Gajah]

Tak sekadar menanam, mereka pun melakukan piket mingguan untuk memeriksa kondisi mangrove yang telah ditanam. Apabila menemukan ada bibit mangrove yang mati, mereka akan menggantinya dengan bibit pada kegiatan penanaman berikutnya.

EH Surabaya beraksi nyata melindungi daerahnya dengan menjaga hutan mangrove yang ada. Ini AKSIKU! Mana AKSIMU?

rsz_dsc_2049e

Aksi Tetap Jalan, EH Surabaya Lanjut Dolan

Added by Earth Hour Indonesia on 11th December 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

Gak berasa nih sobat EH, sudah sekitar dua bulan sejak open recruitment para voluntir baru bergabung dalam keluarga besar Earth Hour Surabaya. Sudah banyak kontribusi dan partisipasi mereka dalam aksi-aksi yang kami telah lakukan dalam kurun waktu tersebut. Tapi belum lengkap dong kalau sudah menjadi keluarga tapi masih belum mengenal satu sama lain.

IMG_0433e

DSC_2027e

Minggu(22/11) tepatnya pukul 08.00, EH Surabaya mengadakan kegiatan internalisasi antar voluntir yaitu EH Dolan yang berlokasi di Kenjeran Park Surabaya. Maksud dan tujuan dari kegiatan EH Dolan ini tidak lain adalah untuk mempererat hubungan antar voluntir dari divisi-divisi EH Surabaya, baik yang telah lama maupun yang baru bergabung. EH Dolan ini terdiri dari beberapa permainan yang dibagi menjadi empat pos. Pertama-tama semua voluntir dan panitia kegiatan berkumpul di depan Pagoda di dalam Kenpark. Para panitia memberikan briefing tentang beberapa permainan yang ada di dalam keempat pos tersebut, serta membagi para voluntir menjadi delapan kelompok.

IMG_0533e

_MG_0030e

Pada pos pertama ada permainan yang menguras pengetahuan para voluntir tentang Earth Hour dan #BeliYangBaik nih sobat EH. Ada beberapa petak yang nantinya secara bergantian akan dipilih oleh perwakilan dari tiap-tiap kelompok. Apabila dalam baris pertama, kedua dan seterusnya sampai baris keenam peserta dapat memilih petak yang tepat, maka peserta dan kelompoknya akan diberi pertanyaan seputar Earth Hour. Namun apabila petak yang dipilih salah atau jawaban dari pertanyaan panitia juga salah, maka peserta dihukum dengan dikasi coretan cat loh sobat EH. Menegangkan gak sih, buat kelompok yang salah semua mukanya jadi gimana yah sobat EH? Haha.

DSC_2049e

Lanjut ke pos dua, ada permainan memasukkan pensil ke dalam botol kosong. Tapi permainan kami kali ini berbeda dari yang biasanya loh. Peserta dalam satu kelompok akan berusaha memasukkan pensil yang dikendalikan oleh seluruh anggota tim dengan seutas tali ke dalam botol kosong. Sebelumnya para peserta ditutup matanya dengan menggunakan slayer dan hanya satu anggota saja yang tidak ditutup karena bertindak sebagai pemberi instruksi. Permainan ini bertujuan untuk melatih ketangkasan dan juga kerjasama antar peserta.

Di pos tiga, ada game yang gak kalah seru nih sobat EH. Masing-masing tim yang sampai di pos ini akan diberikan sebuah clue untuk dipecahkan dan harus menemukan enam digit password agar dapat memasuki game selanjutnya. Peserta harus rela berpanas-panasan di bawah teriknya matahari dan diberi clue untuk menghitung relief naga berwarna hijau dan anak tangga yang ada di Pagoda Kenpark. Kombinasi dari jumlah tersebut akan menjadi password untuk game yang bernama “Komando”. Dalam game ini para peserta dalam satu tim akan membentuk barisan dan ditutup matanya menggunakan slayer, namun hanya pemain paling belakang saja yang membuka mata. Mereka harus mengambil benda-benda yang telah ditentukan oleh panitia. Cara bermainnya yaitu pemain paling belakang mengarahkan temannya dengan cara menepuk pundak kanan untuk belok kanan, menepuk pundak kiri untuk belok kiri, menarik pundak temannya untuk berhenti dan menepuk di bagian tengah untuk mengisyaratkan bahwa benda yang harus diambil berada di depannya.

DSC_2054e

DSC_2032e

“Yah tujuannya sih biar para peserta lebih aware terhadap dampak dari climate change, hehe.” Ujar Kak Ical selaku panitia di pos ketiga ini.

Dan di pos keempat atau pos terakhir yaitu ada game “Dare or Dare”. Setiap tim harus memilih satu dari banyak undian di dalam sebuah mangkok yang berisi tantangan-tantangan yang harus dijalankan oleh setiap anggota tim. Tantangan tersebut bisa berisi berfoto bersama dengan orang yang membawa pasangan, mengatakan “suka” kepada pengunjung, mengajak pengunjung yang berbaju biru untuk mengucap slogan Earth Hour, dan masih banyak lagi. Wah para anggota tim pasti merasa tertantang sekali nih sobat EH.

Pada permainan terakhir, semua voluntir EH Surabaya baik panitia maupun peserta diminta untuk membentuk lingkaran kecil dan lingkaran besar diluar lingkaran kecil tersebut dengan bergandengan tangan. Lalu kami semua harus menemukan cara bagaimana agar kedua lingkaran yang kami buat dapat menyatu menjadi sebuah lingkaran besar. Kedengarannya sih susah, tapi akhirnya kami dapat melakukannya dengan mudah. Yay!

DSC_2137e

Semua kegiatan pun kami tutup dengan beristirahat dan menikmati bekal yang telah kami bawa dari rumah masing-masing, yang pastinya bertujuan untuk meminimalisir penggunaan botol dan kantong plastik serta mengurangi sampah nih sobat EH. Melelahkan sih, tapi juga sangat menyenangkan. Dengan diadakannya EH Dolan kali ini, semoga dapat mempererat hubungan para voluntir EH Surabaya dan semakin mengenal satu sama lain antar divisi-divisi. Sehingga kami juga dapat menjadi keluarga besar yang solid dan tetap memberikan kontribusi terbesar kami dalam setiap aksi yang dilakukan EH Surabaya.

Earth Hour Surabaya #IniAksiku mana aksimu!

rsz_img_5070e

Tetap #BeliYangBaik dalam Kemeriahan ECW Vaganza

Added by Earth Hour Indonesia on 11th December 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

Hai sobat EH, mengingat ekstrimnya perubahan iklim yang makin kita rasakan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari, kami Earth Hour Surabaya kembali melanjutkan kampanye kami dan mengajak masyarakat sekitar untuk turut menyelamatkan bumi. Jumat (20/11) Earth Hour Surabaya hadir dengan membuka booth dalam event Enterpreneur Career and Workshop (ECW) Vaganza Friday Market yang bertempat di Surabaya Town Square (Sutos). Event ini diadakan oleh himpunan mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga dan juga dimeriahkan oleh banyak guest star loh. Yuk intip kita ngapain aja kemarin!

IMG_5072e

IMG_5071e

Dimulai dari pagi, teman-teman dari divisi Logistik mulai loading in di Sutos nih, tepatnya pukul 04.00. Wah pagi banget ya sobat EH, kebayang kan gimana antusiasnya EH Surabaya dalam berkampanye untuk mengenalkan gaya hidup ramah lingkungan kepada masyarakat sekitar. Kemudian dilanjut dengan menata booth kami yang tepatnya berdiri di sebelah kanan panggung ECW Vaganza. Kami memenuhi booth kami dengan berbagai foto dari aksi-aksi yang telah kami lakukan yang merupakan hasil jepretan temen-temen dari divisi Multimedia loh. Mulai dari aksi kampanye Nasib Gajah, Beli Yang Baik, Melawan Asap, serta tidak ketinggalan aksi berkelanjutan kami yaitu Konservasi Mangrove. Kami juga menjual merchandise berupa t-shirt EH Surabaya yang nantinya dana dari hasil penjualan tersebut akan kami donasikan untuk program Konservasi Mangrove tahap tiga kami selanjutnya. For your information nih sobat EH, aksi Konservasi Mangrove kami sudah memasuki tahap tiga loh dan akan diadakan tgl 28 November besok di Hutan Mangrove Wonorejo. Sobat EH bisa banget nih ikut berpartisipasi dalam penanaman kami kali ini, acara dimulai pukul 06.00 sampai selesai.

IMG_5070e

IMG_5035e

Selain itu sekitar pukul 16.45, perwakilan dari EH Surabaya yaitu Kak Ical dan Kak Ica hadir dalam talkshow yang membahas kampanye #BeliYangBaik loh. Mereka menjelaskan tentang berbagai aksi EH Surabaya serta berbagi tips untuk memilih produk yang ramah lingkungan. Acara masih tetap berlanjut nih sobat EH, semakin malam acara dan pengunjung juga semakin ramai. Banyak dari pengunjung yang mampir di booth kami nih untuk bertanya-tanya seputar EH Surabaya atau hanya sekedar melihat-lihat foto aksi kami. Banyak juga voluntir yang hadir untuk meramaikan booth kami loh, serta guest star yang memeriahkan gak kalah keren nih seperti ITS Jazz, Gleam, The Skabanton, DJ Maharanie, dan masih banyak lagi. Jadi lengkap banget nih keseruan kami berpartisipasi dalam event ECW ini.

IMG_5234e

IMG_5127e

Di penghujung acara, akhirnya EH Surabaya melakukan loading out sekitar pukul 12 malam yang dibantu oleh temen-temen dari divisi logistik. Capek sih, tapi itu gada apa-apanya dibanding dengan besarnya antusias kami dalam acara ini dan untuk tetap mengajak masyarakat Surabaya melakukan gaya hidup yang ramah lingkungan. Yuk tetap #BeliYangBaik untuk selamatkan bumi.

crop

1000 Pohon Mangrove untuk #HijaukanHutan Surabaya

Added by Earth Hour Indonesia on 11th December 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

#HijaukanHutan #BirukanLaut! Seruan tersebut merupakan tema yang dibawakan oleh WWF dan Earth Hour Indonesia untuk mendukung konservasi lingkungan yang telah berkurang habitatnya di beberapa daerah di Indonesia pada tahun ini. Banyak dari komunitas Earth Hour di berbagai kota di Indonesia yang telah menunjukkan kontribusinya dalam gerakan tersebut, tak terkecuali Earth Hour Surabaya.

DSC_0108

Dalam memperingati Hari Penanaman Pohon Nasional, Sabtu (28/11) EH Surabaya kembali mengadakan aksi penanaman Mangrove yang sudah memasuki tahap ketiga dengan menanam 1000 pohon Mangrove di Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya. Aksi kali ini juga sebagai wujud partisipasi #HijaukanHutan dan sebagai penutup rangkaian kampanye #BeliYangBaik pada tahun ini. Dengan membawakan tema “Man-Groove To Nature”, EH Surabaya di dukung oleh Dinas Pertanian Surabaya yang memberikan bibit Mangrove sebanyak 720 dan dari Yayasan Mangrove Centre sebanyak 500 bibit.

Aksi Penanaman Mangrove Tahap III ini dimulai pada pukul 08.00 waktu setempat dengan pembukaan acara oleh Kak Ical selaku Koor Divisi Online EH Surabaya dan diteruskan oleh Kak Yenni yang memberikan pengetahuan singkat terkait berbagai aksi dan gerakan yang telah dibawakan oleh EH Surabaya. Kemudian ada Kak Tobing yang memberikan penjelasan singkat tentang jenis dan fungsi Mangrove serta pengarahan tata cara penanaman Mangrove. Lalu dengan antusias berpanas-panasan dibawah teriknya matahari, para voluntir dan peserta memulai aksi penanaman 1000 Mangrove ini di lahan yang telah disediakan oleh Petani Mangrove Wonorejo yang lokasinya tidak jauh dari lahan penanaman sebelumnya. Aksi EH Surabaya kali ini melibatkan lebih dari 100 orang dari berbagai komunitas dan korporasi, mulai dari EH Malang, EH Sidoarjo, EH Kediri, Sobat Bumi, Komunitas Peneliti dan Pecinta Lingkungan ITS, Penjelajah Alam Surabaya, Cak Ning Surabaya, dan masih banyak lagi. Setelah menghabiskan waktu kurang lebih dua jam, akhirnya 1000 bibit Mangrove di lahan baru dan 220 bibit untuk tambal sulam bibit Mangrove yang mati pada penanaman sebelumnya berhasil ditanam pada aksi kali ini.

DSC_0593

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan ramah tamah dan sharing antar komunitas yang hadir pada aksi penanaman Mangrove. Selain itu untuk menambah kehangatan acara, Kak Ical memberikan kuis seputar Mangrove yang beberapa pemenangnya mendapatkan hadiah berupa merchandise dari EH Surabaya dan dari Faber Castell, selaku partner kami dalam acara ini. Terakhir acara ditutup dengan makan bersama konsumsi yang telah disediakan dan bekal yang dibawa dari rumah masing-masing serta tidak lupa doa agar Mangrove yang telah kami tanam dapat tumbuh dengan baik dan bermanfaat bagi alam Surabaya.

“Acaranya seru banget, ini pertama kalinya EH Malang ikut aksi menanam Mangrove di Surabaya. Salut buat EH Surabaya yang bisa mengumpulkan lebih dari 100 orang untuk tanam Mangrove bareng.” Ujar Kak Onil, Koor Kota EH Malang.

“Aksi penanaman ketiga ini seru dan bermanfaat banget, nyadarin kita buat peduli sama lingkungan yang dimulai dari diri sendiri.” Ujar Kak Violin, selaku perwakilan dari EH Sidoarjo.

Terima kasih kepada Dinas Pertanian Surabaya dan Yayasan Mangrove Centre Tuban yang mempercayakan bibit Mangrove-nya kepada kami. Terima kasih juga kepada Faber Castell dan media patner kami selama roadshow #BeliYangBaik, kepada RRI Surabaya, EBS FM, Jeje Radio Surabaya, dan Radio Unair. Terakhir kami berterima kasih kepada semua pihak dan sobat EH yang telah hadir dan ikut menyukseskan aksi Penanaman Mangrove Tahap III kali ini.

Sebagai wujud kepedulian dan tanggungjawab kami terhadap semua Mangrove yang kami tanam, setiap seminggu sekali pada Hari Minggu kami mengadakan kegiatan rutin piket Mangrove. Para voluntir EH Surabaya akan bersama-sama membersihkan lahan tempat Mangrove yang telah kami tanam dari sampah-sampah plastik dan mengecek keadaan bibit Mangrove yang sehat dan yang mati. Sobat EH juga boleh ikutan loh, kegiatan piket ini terbuka untuk umum.

DSC_2551

Mari #HijaukanHutan untuk #ChangeClimateChange dan selalu terapkan gaya hidup #BeliYangBaik agar menjadi konsumen cerdas yang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.

#IniAksiku, mana aksimu?

SQ

Masyarakat Surabaya Menuju Bijak #BeliYangBaik

Added by Earth Hour Indonesia on 8th September 2015 in the category Earth Hour Surabaya, Earth Hour Tangerang.

Demi keberlangsungan hidupnya, manusia senantiasa memerlukan hasil dari alam untuk dikonsumsi agar kebutuhan sehari-harinya terpenuhi. Disini manusia berperan sebagai pengguna atau konsumen turut berperan langsung dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada di bumi. Karena perilaku konsumtif inilah, banyak timbul eksploitasi alam secara berlebihan yang menyebabkan rusaknya ekosistem hutan dan laut. Jadi, bagaimana solusi untuk meminimalisasi kerusakan lingkungan dan alam di bumi kita ini?

Voluntir EH Surabaya

Voluntir EH Surabaya

FSC

FSC

Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, kami Earth Hour Surabaya memperingatinya dengan kembali menggelar aksi menyerukan #BeliYangBaik kepada masyarakat sekitar pada Minggu, 6 September 2015. Aksi kami ini berlokasi di Car Free Day Darmo Surabaya, yang digelar mulai dari pukul 07.00 waktu setempat. Kami berkampanye dengan menggunakan beberapa properti berupa mading-mading berisikan penjelasan tentang eco label beserta contoh produknya. Mading ini diikat dengan tali yang kemudian dikalungkan di beberapa voluntir kami. Dengan penuh semangat, kami memulai aksi kami dengan menghampiri pengunjung CFD yang sedang berlalu lalang.

Pengunjung mengisi petisi

Pengunjung mengisi petisi

Voluntir in action

Voluntir in action

 

Pertama-pertama kami menggali pengetahuan para pengunjung CFD tersebut tentang kampanye #BeliYangBaik itu sendiri. Kemudian kami mulai memberikan penjelasan secara detail tentang #BeliYangBaik serta produk-produk ramah lingkungan. Tidak hanya itu, kami juga turut mengkampanyekan tentang eco label seperti FSC, RSPO, ASC, MSC, dan lain sebagainya. FSC (Forest Stewardship Council) merupakan eco label untuk produk kayu dan kertas yang produksinya melalui pengelolaan hutan yang lestari dan bertanggung jawab. Kemudian ada RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) yang merupakan eco label untuk produk berbahan kelapa sawit yang berkelanjutan. Sedangkan untuk produk berbahan Sustainable Seafood atau perikanan yang berkelanjutan menggunakan eco label ASC (Aquaculture Stewardship Council) atau MSC (Marine Stewardship Council). Eco label inilah yang sering kita temukan di beberapa produk di supermarket, pengetahuan akan eco label tersebut kami berikan agar para pengunjung dapat lebih selektif dalam mengonsumsi produk-produk pemenuh kebutuhannya.

Penjelasan label beli yang baik

Penjelasan label beli yang baik

Beli Yang Baik merupakan kampanye yang mengajak masyarakat untuk mengonsumsi produk yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, dimana target utamanya adalah perubahan gaya hidup. Target utama dalam kampanye #BeliYangBaik ini adalah individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintah. Dengan adanya kampanye ini diharapkan dapat terkelolanya sumber daya alam yang berkelanjutan dan berkontribusi bagi gaya hidup yang ramah lingkungan.

“Sebagai generasi muda, kita harus menjadi konsumen yang bertanggung jawab dengan mencari tahu apa yang kita beli. Kita harus aktif untuk mencari tahu produk-produk yang berlabel ramah lingkungan. Karena apa yang kita beli itulah yang kita dukung.” Ujar Kak Ical, selaku Koor Divisi Online EH Surabaya.

Ready for beliyangbaik campaign

Ready for beliyangbaik campaign

Selain berkampanye, kami juga mengajak pengunjung CFD untuk turut menandatangani petisi online #BeliYangBaik di www.change.org/beliyangbaik. Kurang lebih 30 orang dari pengunjung CFD yang telah kami berikan penjelasan tentang kampanye tersebut, ikut mengisi petisi online melalui gadget  yang telah kami sediakan sebelumnya. Cara ini lebih cepat dan efektif untuk memudahkan para pengunjung membuka website dan mengisi petisinya secara langsung.

Penjelasan label FSC dan RSPO

Penjelasan label FSC dan RSPO

penjelasn label FSC

penjelasn label FSC

“Harapannya sih, agar masyarakat Surabaya dapat menjadi konsumen yang pintar memilih produk yang bersertifikasi ramah lingkungan ketika akan membeli sesuatu.” Ujar Kak Yenni, Koor Kota EH Surabaya.

Mari turut selamatkan bumi dengan #BeliYangBaik. #IniAksiku mana aksimu!

EH-Surabaya-BeliYangBaik

Piknik Asik Dengan Workshop #BeliYangBaik

Added by Earth Hour Indonesia on 24th August 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

Waktu menunjukkan pukul 10.30, kami, teman-teman dari Earth Hour Surabaya yang diwakili oleh 4 orang, berangkat menggunakan transportasi umum yaitu bus kota dari Terminal Bungurasih Surabaya pada Sabtu 22 Agustus 2015. Kami sangat antusias mengikuti Workshop #BeliYangBaik yang diadakan oleh Earth Hour se-regional Jawa Timur yang bertempat di Villa Wisma Putra Kota Batu. Perjalanan menggunakan bus kota berlangsung selama sekitar tiga jam untuk sampai di Karanglor. Setelahnya, perjalanan kami lanjutkan dengan menggunakan bemo sampai di Terminal Kota Batu, yang kemudian dijemput oleh teman-teman dari EH Batu. Akhirnya setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih empat jam dari Surabaya, kami sampai di lokasi workshop pada pukul 14.15 dengan keadaan safe and sound.

Workshop #BeliYangBaik kali ini diikuti oleh perwakilan volunteer dari beberapa kota di Jawa Timur, yaitu EH Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Kota Batu. Setelah semua peserta workshop berkumpul di lokasi, workshop pun secara resmi dibuka dan dimulai pada pukul 15.45. Materi yang kami terima untuk pertama kali adalah tentang jurnalisme warga yang disampaikan oleh Kak Ical, selaku koor divisi Online EH Surabaya. Kak Ical menjelaskan berbagai cara untuk menulis berita yang layak dari sudut pandang warga yang tetap berdasarkan pada fakta. Materi ini sangatlah berguna bagi para peserta khususnya bagi divisi Mass Media, karena dengan begitu kami dapat membuat berita yang berkualitas dan dapat diterima masyarakat luas yang nantinya akan di posting di website EH kota masing-masing, EH Indonesia, maupun WWF Indonesia.

Foto-bersama-Earth-Hour-Jawa-Timur

 

Berlanjut ke materi kedua yang masih dijelaskan oleh Kak Ical yaitu tentang fotografi ponsel.

“Street photography itu lebih menekankan pada kejujuran dan realitas, jadi sebisa mungkin untuk tidak menggunakan banyak editing.” Ujar Kak Ical.

Materi-Jurnalisme-Warga-oleh-K-Ical Materi-Street-Photography-oleh-k-Ical Materi-Street-Photography-oleh-k-Ical-3

 

Sebagaimana kita tahu, sebagian besar kampanye Earth Hour menggunakan e-flyer yang berlatar belakang foto. Dengan begitu, peserta yang ada di divisi Online maupun Multimedia mendapatkan pengetahuan baru tentang teknik-teknik pengambilan gambar menggunakan ponsel dari materi kali ini.

Pemberian materi diberhentikan sejenak untuk melakukan ISHOMA pada pukul 17.45-18.30. Kemudian materi ketiga tentang videografi dijelaskan oleh Kak Izhhar dari divisi Online EH Surabaya. Kak Izhhar menjelaskan tentang beberapa cara dan teknik pengambilan video yang merupakan main job dari divisi Multimedia. Para peserta terlihat sangat antusias mendengarkan materi dan beberapa kali melontarkan pertanyaan yang akhirnya terlibat diskusi hangat dengan pembawa materi.

Untuk materi terakhir yaitu kampanye #BeliYangBaik yang disampaikan oleh Kak Ria, koor kota dari EH Sidoarjo yang juga merupakan koor divisi Online EH Indonesia. Kak Ria menjelaskan tentang apa saja latar belakang, tujuan, dan pengetahuan lainnya mengenai diadakannya kampanye #BeliYangBaik. Materi ini bermanfaat sekali bagi semua peserta workshop, karena dapat menambah pengetahuan serta kesadaran akan pentingnya hanya mengonsumsi produk-produk yang ramah lingkungan tanpa merusak hutan maupun laut yang dapat dimulai dari diri sendiri.

Pembukaan-Oleh-K-Ria-Koor-Online-EH-Indonesia

“Apabila kita mengonsumsi produk yang tidak ramah lingkungan, maka sama saja kita mendukung perusahaan dari produk tersebut untuk melakukan produksinya dengan cara yang tidak lestari. Konsumsi produk-produk ramah lingkungan mulai dari sekarang, kalau tidak dimulai dari diri sendiri terus siapa lagi?” Tegas Kak Ria.

Setelah mendapatkan materi terakhir, peserta workshop dibagi menjadi lima kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Pembagian kelompok ini bertujuan untuk penugasan praktek lapangan dari materi-materi yang telah diterima peserta sebelumnya, mulai dari jurnalisme warga, fotografi ponsel, dan videografi. Praktek baru akan dilakukan keesokan harinya dan peserta hanya diberikan waktu sekitar satu jam untuk menyelesaikan semua tugasnya. Setelah dibagi kelompok dan berdiskusi sebentar, workshop hari pertama pun ditutup yang kemudian semua peserta dan panitia workshop kembali ke kamar masing-masing untuk membersihkan diri dan beristirahat.

Diskusi-untuk-praktik-lapangan

Minggu 23 Agustus 2015 pukul 08.00, para panitia dan peserta workshop berkumpul untuk menikmati sarapan bersama. Setelahnya tepat pukul 09.00, kelima kelompok berkumpul dan berangkat ke lokasi praktek yaitu di Taman Hutan Kota Batu yang berada kurang lebih 100 meter dari lokasi workshop. Dengan penuh semangat, masing-masing kelompok bekerja sama dengan para anggotanya mencari bahan untuk dijadikan berita. Beberapa peserta ada yang sedang meliput pengunjung taman, pedagang kaki lima, bahkan petugas kebersihan. Ada peserta yang bertugas mengambil foto, merekam video, dan juga menulis artikel untuk beritanya. Satu per satu kelompok mulai kembali ke penginapan untuk mulai menyusun beritanya. Masing-masing kelompok terlihat sibuk menyiapkan hasil beritanya untuk dipresentasikan di depan semua kelompok dan panitia. Tepat pukul 10.00, presentasi dimulai. Hasil liputan mulai dibahas dan dikoreksi satu per satu sehingga semua peserta workshop paham dimana letak kesalahan dan cara untuk memperbaikinya. Presentasi berlangsung sangat menyenangkan karena sesekali Kak Ical selaku pengoreksi melayangkan candaannya yang makin menghangatkan suasana kebersamaan kami.

Wawancara-di-Taman-Hutan-Kota-Batu

Liputan-di-Taman-Hutan-Kota-Batu Pengerjaan-Hasil-Liputan Pengerjaan-Hasil-Liputan-2

Kegiatan selanjutnya adalah materi strategi online yang diberikan oleh Kak Ria. Sebagian besar materi ini berisi sharing berbagai kendala yang dialami oleh divisi online tiap kota serta pemecahan masalahnya. Tiba pada kegiatan terakhir yaitu presentasi tentang rencana berbagai kegiatan kampanye dari EH Surabaya yang dijelaskan oleh Kak Ical. Setelahnya, workshop #BeliYangBaik EH se-regional Jawa Timur secara resmi ditutup. Kami dan peserta yang lain mulai berkemas-kemas untuk melakukan makan siang bersama di rumah makan sekitar lokasi workshop. Lalu kami pun berpamitan dengan teman-teman EH dari kota-kota lain sebelum kembali ke Surabaya. Sekitar pukul 14.30, dengan diantar oleh beberapa teman dari EH Batu, kami tiba di Terminal Kota Batu yang kemudian melanjutkan perjalanan pulang. Dengan kondisi sehat dan tidak kekurangan suatu apapun, kami tiba di Terminal Bungurasih pada pukul 19.00.

Banyak sekali ilmu yang kami dapat dari Workshop #BeliYangBaik selama dua hari di Batu kemarin. Dengan berbagai materi yang telah kami dapatkan, kami menjadi lebih mengerti akan pentingnya mengonsumsi dengan bijak produk-produk yang ramah lingkungan tanpa harus merusak hutan dan laut yang dilestarikan keberadaannya. Tidak hanya itu, kami dan peserta workshop dari kota lain pun dapat mempererat tali persaudaraan melalui kegiatan sharing yang kami lakukan selama workshop. Mari bersama kita menjaga ekosistem hutan dan laut dengan bijak mengonsumsi produk yang telah terjamin keramahlingkungannya, karena apa yang kamu beli adalah apa yang kamu dukung. Mari bersama #BeliYangBaik, #IniAksiku mana aksimu!

bolang Earth Hour Surabaya

EH Bolang dengan Transportasi Publik

Added by Earth Hour Indonesia on 15th June 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

Kampanye EARTH HOUR Surabaya 2015 :
EH Bolang dengan Transportasi Publik
#Ini Aksiku! Mana Aksimu?

Dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2015, Earth Hour Surabaya berinisiasi untuk melaksanakan aksi tentang transportasi publik. Tingginya mobilitas masyarakat Surabaya dengan menggunakan transportasi pribadi berbanding lurus dengan meningkatkan gas buangan bermotor yang terdiri dari CO, CO2, NOx, dan lain-lain. Emisi gas buang kendaraan bermotor berdampak global warming dan menurunkan kualitas udara bagi masyarakat Surabaya. Oleh karena itu, Earth Hour Surabaya melaksanakan aksi penggunaan transportasi publik saat kegiatan sehari-hari yang merupakan salah satu upaya penurunan emisi gas buang kendaraan bermotor.

EH Bolang dengan Transportasi Publik EH Bolang dengan Transportasi Publik

Konsep aksi kali ini ialah berkeliling ke beberapa tempat di Surabaya dengan menggunakan transportasi publik. Pukul 09.00 WIB volunteer Earth Hour Surabaya berkumpul di halte bus Rumah Sakit Islam Wonokromo yang akan dilanjutkan menuju Tugu Pahlawan dengan menggunakan bus damri. Sesampainya di Tugu Pahlawan kami mengunjungi museum Sepuluh Nopember dan melihat film dokumenter tentang perjuangan Arek-Arek Suroboyo melawan sekutu. Saat jam makan siang mulai datang, kami mengadakan piknik di area taman Tugu Pahlawan. Pada pukul 13.30 WIB, perjalanan Earth Hour Surabaya berlanjut menuju Museum Surabaya dengan berjalan kaki. Lokasi Museum Surabaya yang terletak di Jalan Tunjungan tidak terlalu jauh dari Tugu Pahlawan dapat ditempuh selama 20 menit dengan berjalan kaki. Sesampainya di Museum Surabaya volunteer Earth Hour Surabaya berkeliling melihat koleksi barang sejarah di Surabaya. Pukul 15.00 WIB kami mengakhiri perjalanan kami dengan menggunakan bus menuju meetpoint awal yaitu Rumah Sakit Islam Wonokromo.

EH Bolang dengan Transportasi Publik EH Bolang dengan Transportasi Publik EH Bolang dengan Transportasi Publik

Kegiatan hari ini dapat dipantau di media sosial yang dimiliki oleh Earth Hour Surabaya, harapannya followers dari akun kami dapat tertarik menggunakan transportasi publik dalam kegiatannya sehari-hari.

menanam-mangrove-hari-bumi-earth-hour-surabaya

Menanam Mangrove di Hari Bumi Bersama Earth Hour Surabaya

Added by Earth Hour Indonesia on 20th May 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

Berhubungan dengan Hari Bumi atau Earth Day, Earth Hour Surabaya kembali mengadakan penanaman mangrove yang kedua kalinya pada hari Sabtu 28 April 2015 di kawasan Hutan Mangrove Surabaya. Lokasi penanaman tepatnya berada di sekitar bendungan air, bersebelahan dengan lokasi penanaman mangrove yang pertama yang dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2015 lalu. Berbeda dengan penanaman yang pertama, kali ini Earth Hour Surabaya bekerja sama dengan Sheraton Hotel and Towers serta Polygon dan Cheers selaku sponsor. Sebanyak 700 bibit mangrove telah ditanam sekaligus di lahan konservasi yang telah disediakan oleh para petani lokal mangrove “Trunojoyo”.

menanam-mangrove-hari-bumi

Kawasan Hutan Mangrove di Kota Surabaya, terus menyusut akibat terdesak pengembangan permukiman. Pada 1978 luas hutan mangrove di Surabaya masih 3.300 hektare. Namun, tahun 1985 sudah menyusut menjadi 2.500 hektare. Berdasarkan data yang diperoleh dari Ecoton, pada tahun 2002 luas hutan mangrove Pamurbaya sekitar 3.200 Ha. Namun, adanya berbagai aktivitas di sekitar ekosistem mangrove, luasnya menurun menjadi 1.180 Ha pada tahun 2008. Ekosistem mangrove di Pamurbaya, meliputi Kecamatan Rungkut (daerah Kenjeran, Keputih Tambak, Wonorejo, Medokan) dan Gunung Anyar. Dari keberadaan Hutan Mangrove yang mengkhawatirkan inilah, Earth Hour Surabaya mengadakan aksi kreatif yaitu Konservasi Mangrove yang telah diselenggarakan hingga penanaman kedua.

menanam-mangrove-hari-bumi-EH-Surabaya

“Penanaman kali ini lebih seru dari sebelumnya, karena dengan dibantu pihak Sheraton Hotel peserta pun jadi semakin banyak. Semoga semua pohon mangrove yang kami tanam dapat tumbuh dengan baik serta membantu untuk mencegah abrasi dan polusi dari laut”, lansir Iga selaku perwakilan dari Earth Hour Surabaya.

para aktifis menanam mangrove di hari bumi Earth Day

Sekitar 80 orang turut berpartisipasi dalam Penanaman Mangrove Kedua kali ini. Pihak Polygon selaku sponsor meminjamkan sebanyak 43 sepeda yang dikendarai oleh pihak Sheraton, serta sponsor Cheers memberikan sumbangan minuman berupa lima gallon air minum pada saat acara berlangsung. Sekitar pukul 06.00 aksi dimulai dengan pihak Sheraton yang bersama-sama bersepeda dari Sheraton Hotel hingga lokasi penanaman di Hutan Mangrove Wonorejo. Tidak hanya orang dewasa saja, namun banyak juga anak muda bahkan anak-anak yang turut meramaikan acara kali ini, hingga hadirnya tamu spesial yakni Mr. Chris dari perwakilan US Consulate General Surabaya.  Para partisipan yang bersepeda tiba di lokasi penanaman pada pukul 07.45, yang kemudian dilakukan sambutan dari pihak Sheraton dan Earth Hour Surabaya dilanjutkan dengan edukasi dan briefing cara penanaman mangrove. Seluruh partisipan pun langsung bergegas menuju lahan konservasi untuk melakukan penanaman. Rasa kekeluargaan sangat terasa dari obrolan dan candaan di sela-sela kegiatan. Pada penghujung acara, kegiatan pun ditutup dengan foto bersama.

pendukung menanam mangrove di hari bumi Earth Day

“Tidak hanya kali ini saja, semoga seterusnya Sheraton Hotel dapat melakukan kerja sama dengan Earth Hour Surabaya untuk memberikan awareness kepada generasi muda tentang pentingnya menjaga lingkungan dimulai dari hal kecil, karena aksi kecil membawa perubahan yang besar”, cetus Ibu Etty, partisipan sekaligus perwakilan dari Sheraton Hotel.

Peduli #NasibGajah Bersama Earth Hour Surabaya

Peduli #NasibGajah Bersama Earth Hour Surabaya

Added by Earth Hour Indonesia on 25th April 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

Pada hari Minggu pagi 19 April 2015, Earth Hour Surabaya mengadakan aksi yang merupakan kampanye tentang peduli #NasibGajah di Indonesia, salah satunya adalah gajah Sumatera. Aksi kami kali ini diadakan pada saat Car Free Day-CFD di Taman Bungkul Surabaya, Jawa Timur.Read the complete post »

switch-off-ceremony-EH-surabaya

Switch Off Ceremony – EH Surabaya

Added by Earth Hour Indonesia on 24th April 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

Kala itu pada tanggal 28 Maret 2015 sesuatu terlihat berbeda di depan Hotel Majapahit Surabaya. Banyak kerumunan orang berpakaian dominan hitam sedang ramai berada disana. Keberadaan mereka mencuri perhatian setiap pengunjung hotel bahkan pengendara motor yang melintasi Jalan Tunjungan Surabaya pun turut dihujani rasa penasaran.Read the complete post »

sq

No Rubbish, Yes Creativity

Added by Earth Hour Indonesia on 11th March 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

SURABAYA-Earth Hour Surabaya kembali menggelar aksi pada hari Minggu pagi (1/3). Aksi bertajuk “No Rubbish, Yes Creativity” yang diselenggarakan di Car Free Day (CFD) Darmo ini cukup menarik minat para pengunjung CFD Darmo untuk bergabung. Hal itu dilihat dari antusiasme para pengunjung yang mampir ke booth EH Surabaya.

Read the complete post »

sqr

Penanaman Mangrove di Surabaya

Added by Earth Hour Indonesia on 8th March 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

#IniAksiku Kali ini Earth Hour Surabaya mengadakan Penanaman Mangrove di Surabaya, tepatnya di daerah Wonorejo. Menanam 300 bibit tanaman Mangrove jenis Rhizopora Stylosa Griff bersama para komunitas komunitas yang ada di Surabaya, mulai dari Kendos Runner, HGC Surabaya, Earth Hour Sidoarjo ,Earth Hour Kota Wisata Batu , Earth Hour Kediri , SPE ITS, Nol Sampah Surabaya, dan Scape Parkour.

Read the complete post »