APSQ

Konservasi Hutan Mangrove, Aksi Nyata Earth Hour Surabaya untuk Daerahnya

Added by Earth Hour Indonesia on 7th March 2016 in the category Earth Hour Surabaya.

Oleh: Natalia Trita Agnika

Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang berada di kawasan pesisir. Karena itulah keberadaan hutan mangrove memegang peranan penting bagi Kota Pahlawan ini. Selain untuk mencegah abrasi, hutan mangrove juga berfungsi sebagai penetralisir masuknya air laut dan menjadi rumah bagi berbagai satwa, seperti biawak, kura-kura, ular, monyet, dan burung. Demikian pula dengan beberapa jenis ikan, udang, dan kepiting.

Namun, saat ini keberadaan hutan mangrove di Surabaya semakin menyusut dan kondisinya memprihatinkan. Lahan di sekitar daerah hutan mangrove banyak dibangun perumahan dan dijadikan pemukiman warga. Para wisatawan yang kurang peduli terhadap lingkungan juga membuang dan meninggalkan sampah seenaknya. Akibatnya, hutan mangrove yang menjadi tempat wisata tak lagi asri.

10945398_10205214809722296_5825849040675720259_o

Earth Hour Surabaya sebagai komunitas peduli lingkungan yang terdiri dari kaum muda Surabaya merasa tergerak untuk melakukan aksi positif. Mereka berkomitmen untuk menyelamatkan eksistensi hutan mangrove dengan terus mengkampanyekan perilaku ramah lingkungan demi mengurangi efek perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Sejak awal 2015 lalu, EH Surabaya telah melakukan program Konservasi Mangrove di Hutan Mangrove Wonorejo hingga tahap tiga. Penanaman Mangrove tahap pertama dilaksanakan pada 25 Januari 2015, tahap kedua pada 28 April 2015, dan tahap ketiga pada 28 November 2015.

[Baca juga: Earth Our Regional Kalimantan Beraksi Melawan Kabut Asap]

Ajakan EH Surabaya kepada publik untuk lebih peduli terhadap keberadaan mangrove di daerah mereka mendapat sambutan positif. Berbagai komunitas, media, instansi, bahkan sekolah banyak yang turut berpartisipasi dalam aksi penanaman mangrove. Setidaknya ada 100 partisipan yang terlibat dalam setiap kegiatan penanaman. Mereka antusias ikut andil memberikan aksi nyata menjaga keberadaan hutan mangrove di Surabaya. Pada penanaman mangrove tahap I, EH Surabaya mengundang beberapa komunitas di Surabaya serta petani tambak Wonorejo untuk berpartisipasi menanam sebanyak 300 bibit mangrove. Selanjutnya, pada penanaman tahap II, EH Surabaya bekerja sama dengan pihak Sheraton Hotel & Towers untuk melakukan penanaman mangrove sebanyak 700 bibit yang dihadiri oleh berbagai komunitas. Sedangkan penanaman tahap III dihadiri oleh perwakilan EH regional Jawa Timur, mulai dari EH Batu, EH Malang, EH Sidoarjo hingga EH Kediri untuk menanam sebanyak 1000 bibit mangrove yang diberikan oleh Mangrove Centre Kota Tuban dan Dinas Pertanian Kota Surabaya.

22757593834_87b278ccf0_o

Pada 17 Januari 2016 yang lalu, EH Surabaya juga terlibat dalam sebuahkolaborAKSI yang diprakarsai oleh HiLo Green Community (HGC) melakukan aksi penanaman mangrove di hutan mangrove Wonorejo. Berbagai komunitas pemerhati lingkungan juga turut terlibat dalam aksiKolaborAKSI Konco Mangrove ini. Kepedulian arek-arek Surabaya terhadap lingkungan terbukti dalam aksi ini.

[Baca juga: Earth Hour Aceh Peduli Nasib Gajah]

Tak sekadar menanam, mereka pun melakukan piket mingguan untuk memeriksa kondisi mangrove yang telah ditanam. Apabila menemukan ada bibit mangrove yang mati, mereka akan menggantinya dengan bibit pada kegiatan penanaman berikutnya.

EH Surabaya beraksi nyata melindungi daerahnya dengan menjaga hutan mangrove yang ada. Ini AKSIKU! Mana AKSIMU?