3sq

Makassar Climate March – #March4Me #March4U #March4Us “There is no Planet B”

Added by Earth Hour Indonesia on 15th December 2015 in the category Earth Hour Makasar.

Pada tanggal 30 November, 150 pemimpin dunia bertemu di Paris untuk memulai negosiasi kesepakatan iklim global berikutnya. Itu sebabnya, sehari sebelumnya, orang di seluruh dunia akan turun ke jalan dan mendorong para pemimpin di setiap tingkat pemerintahan untuk berkomitmen 100% energi terbarukan untuk menjaga kenaikan suhu global dibawah 2 derajat celcius. Global Climate March merupakan suatu KolaborAKSI yang dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia dimana mereka menyampaikan tuntutan mereka mengenai perubahan iklim dengan turun ke jalan sambil membawa atribut kampanye mereka masing-masing. Tahun ini Global Climate March diadakan pada tanggal 28 atau 29 November 2015, akhir pekan sebelum dimulainya Konferensi Tingkat Tinggi UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change) PBB #COP21 (Conferences of Parties) di Paris yang berlangsung pada tanggal 30 Nopember – 11 Desember 2015. Makassar yang dalam hal ini atas inisiasi oleh Earth Hour Makassar bersama beberapa elemen pendukung, melakukan Long March sepanjang Car Free Day – Losari (Jl. Penghibur) pada tanggal 29 November 2015. KolaborAKSI ini dimulai pada pukul 07.30 WITA dengan titik awal didepan Tugu Adipura yang kemudian bergerak hingga depan Anjungan Bugis Makassar dan berakhir pada pukul 09.05 WITA di depan Anjungan Toraja Mandar.

1

KolaborAKSI ini dihadiri oleh Champion Earth Hour Masyarakat, siswa – siswi serta guru – guru dari SD Tanggul Patompo 1 dan 2, masyarakat pengunjung CFD, KOPHI Sulsel, Sobat Bumi Makassar, beberapa peneliti asing yang berada di Makassar dan beberapa volunteer dari JiCA. AKSI ini mengusung tema #COP21 #Paris2015 #March4Me #March4U #March4Us. Tema ini diusung karena AKSI ini hendak mewakili semua pihak, terutama warga Paris – Perancis yang tidak dapat menggelar Climate March karena alasan keamanan.

2

Makassar Climate March (MCM) ini tentunya bertujuan untuk menyampaikan tuntutan kita sebagai bagian dari penduduk bumi kepada para seluruh pemimpin negara dari berbagai belahan dunia untuk berani mengambil keputusan dan bertindak untuk #ChangeClimateChange. Beberapa desakan yang disuarakan oleh peserta MCM terkait coral bleaching, kebakaran hutan, dan pemanfaatan energi terbarukan (angin, air, sinar matahari) sebagai pembagkit listrik. Selain itu peserta MCM juga mengajak masyarakat yang hadir di CFD Losari untuk ikut menunjukkan dukungan dan tuntutan mereka melalui link www.tweetyourleader.org kepada para pemimpin dunia yang hadir dalam #COP21 terutama Bapak Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia.

3

Masyarakat tampak antusias dengan AKSI MCM ini. Banyak dari mereka yang bertanya-tanya tentang AKSI ini serta apa dampaknya bagi mereka. Salah seorang peserta MCM sendiri kemudian menerbitkan tulisannya tentang AKSI ini dalam media elektronik internasional (guardian.com) dan berita ini menjadi salah satu bahan perbincangan oleh netizen.