SQ

Masyarakat Surabaya Menuju Bijak #BeliYangBaik

Added by Earth Hour Indonesia on 8th September 2015 in the category Earth Hour Surabaya, Earth Hour Tangerang.

Demi keberlangsungan hidupnya, manusia senantiasa memerlukan hasil dari alam untuk dikonsumsi agar kebutuhan sehari-harinya terpenuhi. Disini manusia berperan sebagai pengguna atau konsumen turut berperan langsung dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada di bumi. Karena perilaku konsumtif inilah, banyak timbul eksploitasi alam secara berlebihan yang menyebabkan rusaknya ekosistem hutan dan laut. Jadi, bagaimana solusi untuk meminimalisasi kerusakan lingkungan dan alam di bumi kita ini?

Voluntir EH Surabaya

Voluntir EH Surabaya

FSC

FSC

Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, kami Earth Hour Surabaya memperingatinya dengan kembali menggelar aksi menyerukan #BeliYangBaik kepada masyarakat sekitar pada Minggu, 6 September 2015. Aksi kami ini berlokasi di Car Free Day Darmo Surabaya, yang digelar mulai dari pukul 07.00 waktu setempat. Kami berkampanye dengan menggunakan beberapa properti berupa mading-mading berisikan penjelasan tentang eco label beserta contoh produknya. Mading ini diikat dengan tali yang kemudian dikalungkan di beberapa voluntir kami. Dengan penuh semangat, kami memulai aksi kami dengan menghampiri pengunjung CFD yang sedang berlalu lalang.

Pengunjung mengisi petisi

Pengunjung mengisi petisi

Voluntir in action

Voluntir in action

 

Pertama-pertama kami menggali pengetahuan para pengunjung CFD tersebut tentang kampanye #BeliYangBaik itu sendiri. Kemudian kami mulai memberikan penjelasan secara detail tentang #BeliYangBaik serta produk-produk ramah lingkungan. Tidak hanya itu, kami juga turut mengkampanyekan tentang eco label seperti FSC, RSPO, ASC, MSC, dan lain sebagainya. FSC (Forest Stewardship Council) merupakan eco label untuk produk kayu dan kertas yang produksinya melalui pengelolaan hutan yang lestari dan bertanggung jawab. Kemudian ada RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) yang merupakan eco label untuk produk berbahan kelapa sawit yang berkelanjutan. Sedangkan untuk produk berbahan Sustainable Seafood atau perikanan yang berkelanjutan menggunakan eco label ASC (Aquaculture Stewardship Council) atau MSC (Marine Stewardship Council). Eco label inilah yang sering kita temukan di beberapa produk di supermarket, pengetahuan akan eco label tersebut kami berikan agar para pengunjung dapat lebih selektif dalam mengonsumsi produk-produk pemenuh kebutuhannya.

Penjelasan label beli yang baik

Penjelasan label beli yang baik

Beli Yang Baik merupakan kampanye yang mengajak masyarakat untuk mengonsumsi produk yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, dimana target utamanya adalah perubahan gaya hidup. Target utama dalam kampanye #BeliYangBaik ini adalah individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintah. Dengan adanya kampanye ini diharapkan dapat terkelolanya sumber daya alam yang berkelanjutan dan berkontribusi bagi gaya hidup yang ramah lingkungan.

“Sebagai generasi muda, kita harus menjadi konsumen yang bertanggung jawab dengan mencari tahu apa yang kita beli. Kita harus aktif untuk mencari tahu produk-produk yang berlabel ramah lingkungan. Karena apa yang kita beli itulah yang kita dukung.” Ujar Kak Ical, selaku Koor Divisi Online EH Surabaya.

Ready for beliyangbaik campaign

Ready for beliyangbaik campaign

Selain berkampanye, kami juga mengajak pengunjung CFD untuk turut menandatangani petisi online #BeliYangBaik di www.change.org/beliyangbaik. Kurang lebih 30 orang dari pengunjung CFD yang telah kami berikan penjelasan tentang kampanye tersebut, ikut mengisi petisi online melalui gadget  yang telah kami sediakan sebelumnya. Cara ini lebih cepat dan efektif untuk memudahkan para pengunjung membuka website dan mengisi petisinya secara langsung.

Penjelasan label FSC dan RSPO

Penjelasan label FSC dan RSPO

penjelasn label FSC

penjelasn label FSC

“Harapannya sih, agar masyarakat Surabaya dapat menjadi konsumen yang pintar memilih produk yang bersertifikasi ramah lingkungan ketika akan membeli sesuatu.” Ujar Kak Yenni, Koor Kota EH Surabaya.

Mari turut selamatkan bumi dengan #BeliYangBaik. #IniAksiku mana aksimu!