sq

No Rubbish, Yes Creativity

Added by Earth Hour Indonesia on 11th March 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

SURABAYA-Earth Hour Surabaya kembali menggelar aksi pada hari Minggu pagi (1/3). Aksi bertajuk “No Rubbish, Yes Creativity” yang diselenggarakan di Car Free Day (CFD) Darmo ini cukup menarik minat para pengunjung CFD Darmo untuk bergabung. Hal itu dilihat dari antusiasme para pengunjung yang mampir ke booth EH Surabaya.

Aksi “No Rubbish, Yes Creativity” adalah membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas. EH Surabaya mengedukasi masyarakat secara langsung bahwa barang-barang bekas seperti, koran bekas, majalah bekas, kalender bekas, dan botol plastik bekas bisa berubah fungsi menjadi barang-barang kreatif seperti tempat alat-alat tulis, tempat handphone, vas bunga, dll.

IMG_1518

Mengajah warga Surabaya peduli

Pengunjung yang rata-rata anak muda tersebut, sangat serius mengikuti instruksi dari kakak-kakak EH Surabaya untuk membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas tersebut, dan tersenyum puas ketika kerajinan tangan mereka selesai. Setidaknya mereka pulang dari CFD bukannya membuat sampah tetapi membawa sesuatu yang berguna yang dapat digunakan kembali.

IMG_1489

Mengolah sampah menjadi barang berguna

IMG_8350

Salah satu kreasi sampah

 

 

Sampah yang bertumpuk setelah CFD cukup banyak di trotoar-trotoar maupun di jalanan. Banyak penjual maupun pengguna CFD membuang sampah tidak pada tempatnya. Padahal Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kota Surabaya sudah menambah jumlah tempat sampah di sepanjang area CFD.

IMG_1527

Creativity

 

Dengan diadakannya aksi ini, diharap masyarakat Surabaya lebih kreatif dan bijak dalam mengolah kembali barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai. Daripada membuat sampah di CFD, lebih baik mengurangi sampah dengan mengubahnya menjadi barang daur ulang yang dapat digunakan kembali. -mona-