sqr

Penanaman Mangrove di Surabaya

Added by Earth Hour Indonesia on 8th March 2015 in the category Earth Hour Surabaya.

#IniAksiku Kali ini Earth Hour Surabaya mengadakan Penanaman Mangrove di Surabaya, tepatnya di daerah Wonorejo. Menanam 300 bibit tanaman Mangrove jenis Rhizopora Stylosa Griff bersama para komunitas komunitas yang ada di Surabaya, mulai dari Kendos Runner, HGC Surabaya, Earth Hour Sidoarjo ,Earth Hour Kota Wisata Batu , Earth Hour Kediri , SPE ITS, Nol Sampah Surabaya, dan Scape Parkour.

Kita melakukan briefing terlebih dahulu sebelum melakukan penanaman dan juga ditambah penjelasan dari pihak lokasi Ekowisata Mangrove Wonorejo bahwa lokasi ini sangat penting bagi habitat burung dan berbagai macam hewan yang ada di dalamnya, bahkan burung burung migrasi pun hinggap di lokasi Mangrove ini. Diketahui jumlah populasi burung dan berbagai jenis hewan di lokasi ini sudah mencapai ribuan.

penanaman mangrove di surabaya

Masing masing undangan membawa beberapa bibit dan menuju lokasi yang sudah ditentukan dan disiapkan. Setelah bibt mangrove tertanam, bagian atas batang bibit mangrove diikat ke Ajir / batang penyangga yang tertanam persis disampingnya, berguna supaya bibit mangrove itu tumbuh tegak. Namun karena lahannya yang agak berlumpur, sehingga acara penanaman mangrove di Surabaya ini disarankan untuk menggunakan sandal atau telanjang kaki.

aktivis menanam mangrove di surabaya

Setelah selesai semua, mereka semua kembali ke basecamp untuk membersihkan diri dan beristirahat sambil mengambil snack yang sudah kami sediakan. Disamping itu kita juga menyediakan merchandise seperti baju Conserve / Earth On yang bisa mereka beli langsung di lokasi.

Sebelum acara diakhiri, kami bersama para undangan melakukan sesi foto terlebih dahulu sekaligus mengabadikan tagline #IniAksikuManaAksimu.

Kegiatan ini tak hanya melakukan penanaman mangrove di Surabaya saja, namun setelah ini kami akan selalu mengontrol kondisi bibit mangrove yang sudah ditanam. Karena tanaman mangrove sendiri pada awal penanaman ada masa kritis, setelah melewati masa kritis, jadwal pengontrolan pun bisa dikurangi.

penanaman mangrove surabaya

Buat info kamu nih, tanaman mangrove itu banyak manfaatnya loh, misal bisa digunakan untuk kayu, bahan pangan dan minuman seperti dodol dan sirup, beberapa jenis mangrove ada yang bisa menghasilkan buah salah satunya buah pidada, dan juga bisa digunakan sebagai bahan kosmetik loh.

Use #YourPower to planting mangrove!