Street-Campaign-Penggalangan-Donasi-NasibGajah

Street Campaign dan Penggalangan Donasi #NasibGajah

Added by Earth Hour Indonesia on 24th August 2015 in the category Earth Hour Solo.

Dalam rangka meningkatkan awareness masyarakat terkait Hari Gajah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus, relawan Earth Hour Solo menggelar serangkaian aksi nyata dalam mendukung pelestarian #NasibGajah. Rangkaian aksi dibuka oleh street campaign pada tanggal 23 Agustus 2015 bertempat di kawasan Car Free Day Slamet Riyadi dengan berbekal berbagai atribut kampanye sederhana, seperti instalasi gajah yang dilukis di atas kardus bekas serta photo booth fakta gajah yang memanfaatkan kardus dan kertas yang baru terpakai di satu sisi. Semangat para relawan dalam menyampaikan fakta-fakta terkait #NasibGajah disambut dengan antusiasme positif dari warga kota Solo yang sedang menikmati waktu minggu paginya di Car Free Day. Photo booth yang dibuat sederhana pun ramai digunakan para warga untuk berfoto, atau sekedar membaca fakta-fakta soal gajah.

Street Campaign Penggalangan Donasi #NasibGajahStreet Campaign Penggalangan Donasi #NasibGajahStreet Campaign Penggalangan Donasi #NasibGajahStreet Campaign Penggalangan Donasi #NasibGajahStreet Campaign Penggalangan Donasi #NasibGajahStreet Campaign Penggalangan Donasi #NasibGajahStreet Campaign Penggalangan Donasi #NasibGajah

Selain itu, bagi setiap warga yang berdonasi akan mendapatkan sebuah tanda terima kasih yang unik nan kreatif hasil kreasi para relawan berupa gantungan kunci berbentuk gajah yang dibuat dari koran bekas. Donasi sebesar Rp 10.000,- tersebut akan dialokasikan untuk membantu Kebun Binatang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) dalam pemberian pakan gajah, karena untuk mencukupi kebutuhannya, dalam sehari seekor gajah memerlukan 180 kg makanan dan 150 liter air. Selain street campaign dan penggalangan donasi, relawan pun tak lupa mengajak warga untuk berpartisipasi dalam aksi puncak “Peduli TSTJ” yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 30 Agustus 2015 mendatang di TSTJ. Harapannya, serangkaian aksi ini dapat menciptakan pengertian dari masyarakat akan pentingnya rasa kepedulian akan satwa, dimulai dari langkah kecil seperti #BeliYangBaik dengan menghemat kertas/tisu serta membeli produk minyak goreng berlabel RSPO.

Oleh:
Intan Nisa Rasuluntari dan Yasmin Nabila – Earth Hour Solo