kerja berkelompok di Workshop #BeliYangBaik

Workshop #BeliYangBaik untuk Hidup yang Lebih Ekologis

Added by Earth Hour Indonesia on 3rd August 2015 in the category Earth Hour Makasar.

Jum’at, 31 Juli 2015 lalu WWF Indonesia mengadakan workshop #BeliYangBaik di Eco Learning Camp (ELC) Bandung. Workshop yang berlangsung selama 2 hari tersebut diharapkan dapat memberikan kesadaran baru kepada para peserta untuk lebih mencintai bumi.

WWF Indonesia mengundang beberapa perwakilan Komunitas Earth Hour dan Marine Buddies Indonesia dari beberapa kota untuk menghadiri Workshop #BeliYangBaik ini. Peserta yang hadir berasal dari Surabaya, Jogjakarta, Makassar, Bandung, Bogor, Tangerang, Bekasi, Cimahi, Medan, Denpasar, Depok serta Balikpapan. Kota-kota tersebut dipilih karena dianggap memiliki tingkat konsumsi cukup tinggi berdasarkan riset Tim WWF Indonesia terhadap pola konsumsi masyarakat Indonesia.

pembicara di Workshop #BeliYangBaik untuk Hidup yang Lebih Ekologis

Sejak awal workshop peserta dibagikan totebag yang berisi tumbler dan kaos #BeliYangBaik. Dengan ini diharapkan peserta dapat membiasakan diri membawa tumbler sebagai tempat penyimpanan air minum serta menggunakan ecobag sebagai pengganti kantong plastik, kemanapun mereka pergi. Hal ini dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan.

Workshop #BeliYangBaik untuk Hidup yang Lebih Ekologis

Workshop #BeliYangBaik untuk Hidup yang Lebih Ekologis

Peserta workshop dibekali dengan beberapa materi dan keterampilan yang dapat menunjang kinerja Tim Online dan Multimedia untuk mengkampanyekan AKSI #BeliYangBaik ke depan. Workshop ini dibuka dengan materi yang disampaikan oleh Ibu Sherly, salah seorang pengelola ELC, tentang Kesadaran Baru Hidup Ekologis. Beliau menekankan kepada para peserta untuk menerapkan prinsip “7 SADAR” dalam kehidupan mereka yang diwujudkan dalam hidup Sederhana, Hemat, Peduli, Semangat Berbagi, Kebermaknaan, Bermartabat dan Green Science. “Dari kesadaran hidup ekologis akan membentuk sebuah karakter yang baik, dan dari karakter tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan untuk menjaga bumi ini”, terang Bu Sherly.

pembicara Workshop #BeliYangBaik untuk Hidup yang Lebih Ekologis

Workshop kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai isu-isu terkini dari kerja konservasi WWF Indonesia yang disampaikan oleh Bapak Nyoman Iswarayoga, Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan materi kampanye #BeliYangBaik oleh Ibu Dewi Satriani, Campaign Manager WWF Indonesia. Keduanya menyampaikan perkembangan kampanye-kampanye yang dilakukan oleh WWF Indonesia serta keberlanjutannya, dan salah satunya tentu saja kampanye #BeliYangBaik itu sendiri. Dalam penuturan terpisah keduanya juga ditampilkan mengenai kondisi terkini alam Indonesia, baik itu yang ada di darat maupun di lautan.

Selain penyampaian materi dasar untuk kampanye #BeliYangBaik ini, peserta juga dibekali dengan beberapa keterampilan lain di antaranya Pengenalan Jurnalisme Warga dan Penulisan Jurnalisme Dasar, Fotografi Ponsel serta Videografi Ponsel. Materi disampaikan oleh fasilitator berbeda yang ahli di bidangnya masing-masing. Mereka adalah Anton Muhajir (penulis Media BaleBengong), Ahmad Zamroni (Fotografer, komunitas 1000kata.com) serta Budi Afriyan (Audio Video Craftsman, tetapbergerak.id).
Penyampaian materi yang jelas, singkat, padat namun sarat akan makna menjadikan peserta bersemangat dalam menerimanya. Praktik pembuatan publikasi pun menjadi sangat seru karena setiap peserta yang digabung dalam beberapa kelompok, ditugaskan untuk membuat tulisan serta mengambil foto dan video dengan tema yang berbeda. Namun sangat disayangkan waktu yang diberikan untuk setiap fasilitator terbatas sehingga peserta masih merasa perlu menambah waktu dalam menerima setiap materi. Beberapa di antara peserta melanjutkan diskusi dengan fasilitator di luar kelas.

kerja berkelompok di Workshop #BeliYangBaik

Workshop ini juga diisi dengan Earth Care and Gardening,  sebuah konsep “membumi” yang diajarkan oleh pihak ELC. Dengan meditasi dan berkebun, peserta diajak untuk lebih peka terhadap kondisi alam saat ini. Selain itu pada pukul 12.00 dan 15.00 WIB dinamakan “Saat Hening”. Semua yang ada di lokasi ELC diminta untuk menghentikan segala aktifitas mereka dan mengatur napas sambil mendengarkan suara-suara alam. Dengan itu semua diharapkan terjadi ikatan batin antara peserta dengan alam sehingga mereka dapat merawat dan menjaga alam dengan baik.

Workshop #BeliYangBaik untuk Hidup yang Lebih Ekologis

Workshop #BeliYangBaik untuk Hidup yang Lebih Ekologis

Hal lain yang ada di ELC adalah semua orang diminta memilah sampah yang dihasilkan serta mencuci peralatan makan yang mereka gunakan masing-masing. Prosesnya pun teratur dan setiap tahap dilakukan dalam satu bak cuci yang berbeda sehingga tidak banyak air terbuang percuma. Selanjutnya alat makan dilap hingga kering lalu dikembalikan ke tempatnya semula.

Workshop #BeliYangBaik untuk Hidup yang Lebih Ekologis

Workshop #BeliYangBaik ini ditutup dengan evaluasi kegiatan pada tanggal 1 Agustus 2015 pukul 20.00 WIB oleh Bapak Nyoman Iswarayoga. Beliau juga meminta para peserta membuat komitmen untuk mendukung kampanye #BeliYangBaik. Sesi selanjutnya diisi dengan foto bersama seluruh peserta dan pihak WWF Indonesia, lalu diakhiri dengan bernyanyi bersama jingle Mulailah Dari Diri Sendiri.

Cobalah mem#BeliYangBaik dan Mulailah Dari Diri Sendiri!

Aksi  #BeliYangBaik

Salam KolaborAKSI !!!
#IniAksiku! Mana Aksimu?

peserta workshop #BeliYangBaikAdriani Mutmainnah
Koordinator Online Earth Hour Makassar
Telepon : +6285696065433
Email : Adri.Bioma@gmail.com
Facebook : Adriani Mutmainnah
Twitter / Instagram : @AdriMut
LINE : Adri_Mut